Gelar Donor Darah, Ikamba Berhasil Kumpulkan 180 Kantong Darah

Gelar Donor Darah, Ikamba Berhasil Kumpulkan 180 Kantong Darah

Panitia Donor Darah IKAMBA Batam.--Ilham

BABELPOS.ID - Ikatan Keluarga Masyarakat Bangka (Ikamba) Kota Batam berhasil mengumpulkan 180 kantong darah dalam kegiatan bhakti memperingati HUT Republik Indonesia ke 78.

Kegiatan ini digelar IKAMBA Batam bekerjasama dengan Rumah Sakit Mutiara Aini, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam, Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) dan Love & Kindness, yang diselenggarakan di One Batam Mall, Sabtu (19/08).

Ketua Panitia Donor Darah, Yovi Saputra mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Ikamba Kota Batam dan sudah diagendakan setiap tahunnya.

"Kegiatan donor darah ini digelar pada bulan April, HUT Kemerdekaan, dan hari HUT Ikamba pada Desember. Ini sudah 4 kalinya menggelar kegiatan donor darah," ungkapnya, Senin (21/08).

BACA JUGA:Ikamba Batam Kurban 1 Sapi dan 6 Kambing

Dikatakan Yovi, donor darah yang mengambil tema ‘Setetes Darah Sejuta Harapan’ itu diikuti oleh ratusan peserta dan berhasil mengumpulkan sebanyak 180 kantong darah.

"Golongan darah A sebanyak 33 kantong, golongan darah B ada 52 kantong, golongan darah AB berjumlah 16 kantong dan golongan darah O terkumpul 79 kantong," tuturnya.

"Aksi sosial ini adalah sebagai bentuk kepedulian nyata masyarakat Bangka untuk membantu masyarakat di Kota Batam yang membutuhkan darah, mengingat persediaan darah di PMI Kota Batam yang saat ini terbatas," tambahnya.

BACA JUGA:Ikamba Kota Batam Berbagi Kebaikan Dihari Waisak

Ketua Ikamba Batam Jupri mengatakan, kegiatan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia itu bertujuan membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Ikamba Batam juga berupaya membantu PMI dalam memenuhi ketersediaan stok darah yang selalu berkurang karena kebutuhan darah yang sangat tinggi.

"Setidaknya dapat menambah stok darah di PMI, karena sama-sama kita ketahui permintaan darah sangat banyak setiap bulannya, semoga bisa membantu sesama," terangnya.

BACA JUGA:Ikamba Batam Santuni anak Yatim Piatu dan Bagi Sembako

Sementara itu, Bendahara Ikamba Batam Rince mengucapkan, terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan dukungan dan membantu dalam mensukseskan kegiatan donor darah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: