PQN 2023 Perkuat Pemahaman dan Permudah Masyarakat dalam Bertransaksi QRIS

PQN 2023 Perkuat Pemahaman dan Permudah Masyarakat dalam Bertransaksi QRIS

Bersih Pantai salah satu kegiatan PQN 2023 di Babel.--Agus

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Dalam rangka mendorong perluasan QRIS baik dari sisi pengguna, volume transaksi dan merchant, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan rangkaian kegiatan Pekan QRIS Nasional (PQN) tahun 2023 yang mengusung tema “Wujudkan Semangat 45, QRIS-nya Satu, Menangnya Banyak”. 

Kegiatan PQN 2023 ini dilakukan selama satu minggu mulai dari tanggal 14-20 Agustus 2023 dengan berbagai rangkaian. 

Kegiatan diawali dengan opening ceremony PQN 2023 yang dibuka oleh Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr  Suganda Pandapotan Pasaribu,AP.,M.Si.,M.Si dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Faturachman pada Senin (14/8/2023). 

BACA JUGA:BI Babel Buka Pekan QRIS Nasional 2023, Dorong Wujudkan Smart City dan Perluasan QRIS di Babel

Dalam rangkaian acara opening ceremony, dilakukan talkshow sesi satu dengan tema “Tidak ada Smart City Tanpa Digitalisasi Pembayaran” dan talkshow  sesi dua dengan tema “Memahami Hak-Hak Konsumen dalam Menggunakan Sistem Pembayaran”. 

Selain itu, juga dilakukan success story penggunaan QRIS oleh DKM Masjid Jamik dan Pelaku UMKM Ohkopi.id. 

"Pelaksanaan talkshow ini bertujuan  untuk mewujudkan smart city melalui digitalisasi pembayaran yang menyentuh aspek smart economy yaitu memastikan implementasi teknologi dalam proses transaksi pembayaran termasuk di destinasi wisata yang merupakan sektor unggulan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta memastikan masyarakat paham dan mengerti risiko-risiko yang mungkin terjadi di system pembayaran digital," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung Faturachman dalam siaran persnya yang diterima Babel Pos, Senin (21/8/2023). 

BACA JUGA:Pj Gubernur Suganda : Transaksi Dengan QRIS Mewujudkan Smart City, Menjadikan Kep. Babel Luar Biasa dan Modern

Kegiatan ini dihadiri oleh 350 tamu undangan yang terdiri dari Pimpinan Forkopimda, Pimpinan Intansi Vertikal, Pimpinan OPD, Pimpinan Perbankan, Asosiasi, Akademisi dan peserta lainnya. Agar peserta dapat memahami penggunaan QRIS, turut dilakukan QRIS Experience Rp1 saat pengambilan konsumsi dan souvenir. 

Kemudian di tanggal 15-16 Agustus 2023, rangkaian kegiatan PAN 2023 dilanjutkan dengan sosialisasi QRIS dan Pelindungan Konsumen kepada masing-masing 100 orang siswa/i SMA Santo Yosef dan SMKN 1 Kota Pangkalpinang. Selanjutnya, juga dilakukan QRIS Experience Rp1 untuk pengambilan konsumsi dan souvenir.

BACA JUGA:Bank Indonesia Dorong Masjid di Babel Pakai QRIS

Selanjutnya, ditanggal 18 Agustus 2023, kegiatan dilanjutkan dengan onboarding serta sosialisasi QRIS dan pelindungan konsumen kepada 92 UMKM yang ada di Kota Pangkalpinang. Dalam kegiatan ini, juga dilakukan QRIS Experience Rp1 untuk pengambilan konsumsi dan souvenir.

Kemudian ditanggal 19 Agustus 2023, telah dilakukan kegiatan bersih-bersih Pantai Pasir Padi yang dibuka oleh Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu PA.,M.Si.,M.Si. dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Faturachman. Dalam kegiatan tersebut juga turut hadir Pimpinan Forkopimda dan Pimpinan Perbankan. 

BACA JUGA:Ini Daftar Lima Toko di Basel yang Sudah Menggunakan Qris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: