Semarakkan HUT RI & Kemenkumham ke-78, Imigrasi Pangkalpinang Gelar Layanan Paspor Merdeka di Taman Dealova

Semarakkan HUT RI & Kemenkumham ke-78, Imigrasi Pangkalpinang Gelar Layanan Paspor Merdeka di Taman Dealova

Layanan paspor merdeka di Taman Dealova Pangkalpinang.-Ist -

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Guna menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI ke- 78 dan Hari Lahir Kemenkumham RI ke-78, Kantor Imigrasi Pangkalpinang menggelar "Layanan Paspor Merdeka" di Taman Dealova Pangkalpinang, Sabtu (5/8/2023).

Layanan Paspor Merdeka ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para pemohon Layanan Keimigrasian khususnya paspor yang terkendala mengajukan permohonan pada hari kerja (Senin s.d Jumat).

BACA JUGA:Pemkab Basel dan Imigrasi Pangkalpinang Kembali Kolaborasi, Buka Layanan Bikin Paspor di Toboali

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto, mengapresiasi penyelenggaraan Paspor Merdeka oleh Imigrasi Pangkalpinang.

“Ini sinergitas yg sangat baik dari Kantor imigrasi Pangkalpinang dan Divisi Pelayanan Hukum kanwil Kumham Babel, berupa layanan paspor Merdeka, layanan Kekayaan Intelektual dan layanan Adminstrasi Hukum Umum. Sehingga sangat memudahkan masyarakat yg membutuhkan pelayanan dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Babel," ungkap Harun.

BACA JUGA:Di Bulan Juli Ini, Kantor Imigrasi Tanjungpandan Raih 2 Penghargaan

Kepala Kantor Imigrasi Pangkalpinang, Wahyu Wibisono mengatakan melalui Layanan Paspor Merdeka, masyarakat bisa mendapatkan layanan penerbitan paspor, baik paspor baru maupun penggantian paspor. 

Selain itu, kata dia, pemohon juga bisa memilih Paspor Biasa ataupun Paspor Elektronik yang sudah tersedia di Imigrasi Pangkalpinang.

"Proses pengajuan permohonan juga lebih mudah karena tidak perlu mendaftar melalui aplikasi M-Paspor. Masyarakat yang ingin mengajukan permohonan tinggal mengirimkan pesan via whatsapp ke nomor Imigrasi Pangkalpinang," ujar Wahyu usai kegiatan. 

BACA JUGA:Imigrasi Corner Kemenkumham Babel Dekatkan Layanan Keimigrasian ke Masyarakat

Karena itu, kata Wahyu, layanan paspor di luar jam kerja seperti Paspor Merdeka ini diharapkan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan paspor namun terkendala kesibukan dihari kerja.

“Selain dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan dan Hari Kemenkumham RI ke 78, kegiatan Paspor Merdeka kami harapkan jadi solusi untuk mempermudah Mlmasyarakat mendapatkan Paspor tanpa harus menggangu kesibukan mereka di hari kerja," tutur Wahyu. 

BACA JUGA:Wujudkan Birokrasi Berkelas Dunia, Stafsus Menkumham Sampaikan Pesan ini ke Imigrasi Pangkalpinang

Layanan Paspor Merdeka ini disambut positif oleh masyarakat. Bahkan antusias masyarakat cukup tinggi. Tercatat, sebanyak 42 pemohon paspor terlayani dalam program ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: