Kakanwil Kemenag Ajak 603 Peserta KSM 2023 Babel Toreh Prestasi Sampai Nasional

Kakanwil Kemenag Ajak 603 Peserta KSM 2023 Babel Toreh Prestasi Sampai Nasional

Kompetisi Sains Madrasah Babel-Ist -

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG –  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung, H.Tumiran Ganefo secara resmi membuka penyelenggaraan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023 Tingkat Provinsi Bangka Belitung yang akan berlangsung 5 - 6 Agustus 2023 di MAN 1 Pangkalpinang dan MAN 1 Belitung. Pembukaan ini dengan ditandai pemukulan  gong secara bersama-sama dan pengalungan tanda peserta di Gedung Asrama Haji Babel, 4 Agustus 2023.

Acara pembukaan KSM 2023  dengan tema “Madrasah Mandiri Berprestasi Membangun Kemulian Generasi" ini juga serentak dilaksanakan di sejumlah provinsi lainnya.

Orang nomor satu di Kanwil Kemenag Babel itu optimis, KSM merupakan kegiatan yang akan terus mampu menjadi pemantik semangat bagi seluruh insan madrasah untuk terus mengasah potensinya dalam penguasaan bidang Sains sehingga mampu meraih prestasi gemilang. Karena Allah SWT  di dalam Al-qur`an juga telah menjanjikan menaikan beberapa derajat atas orang-orang yang beriman dan berilmu.

BACA JUGA:Selamat! Ini Peraih Madrasah Award Tahun 2023 Penmad Kemenag Babel

Menurutnya, manusia merupakan mahkluk sempurna yang ciptakan oleh Allah Swt dibandingkan makhluk Allah lainnya, karenanya Allah menjadikan manusia sebagai pemimpin (khalifah) di muka bumi, diberikan amanah untuk menjaganya. Namun manusia juga tidak akan bisa menembus segala isi bumi dan langit, tidak lain kecuali dengan ilmu pengetahuan atau kekuatan 

“Dengan ilmu pengetahuan lah kita manusia bisa membuat perubahan ke arah yang lebih baik, karena kita adalah makhluk yang diciptakan Allah dengan sifat sempurna akalnya agar manusia bisa memimpin dunia ini. Untuk itu dengan akal yang sempurna tersebut, mari kita terus bersyukur dan memanfaatkannya untuk terus meningkatkan prestasi yang lebih tinggi, salah satunya adalah melalui Sains yang terintgerasi ini,” ujarnya.

BACA JUGA:Gandeng Kemenag Kota Pangkalpinang, Masjid At-Taubah Lapas Pangkalpinang Resmi Terdaftar di SIMAS

Sebagai orang yang juga cukup lama berkecimpung dalam dunia pendidikan, Tumiran Ganefo juga mengajak kepada para guru untuk terus berinovasi mengembangkan wawasan di bidang Sains. Agar selanjutnya ilmu tersebut dapat ditularkan kepada peserta didik sebagai bekalnya mencapai prestasi dan masa depan yang lebih gemilang.

“Mari manfaatkan kesempatan yang diberikan Allah SWT untuk kita semua bisa terlibat di dalam KSM 2023 ini untuk mengukir prestasi sampai tingkat nasional dengan penuh semangat dan sportifitas. Sehingga semua akan terdokumentasi dengan baik, dimasa mendatang, untuk itu sekali lagi sampai jumpa lagi di tingkat nasional,” ujar Tumiran.

BACA JUGA:Kemenag Apresiasi Nikah Same-Same Kejati Babel: Ke Depan Semoga Terfasilitasi Untuk 6 Agama

Sementara itu, H.Taufik selaku Ketua Panitia Penyelenggaraan KSM Tingkat Provinsi Babel 2023, menjelaskan bahwa kegiatan ini telah dimulai dari seleksi tingkat kabupaten/kota yang berjumlah 603 peserta yang telah sukses dilaksanakan dari tanggal 7 – 9 Juli 2023. Peserta yang lolos dari seleksi kabupaten kota sebanyak 324  berhak melaju ke tingkat provinsi.

Masing-masing peserta KSM 2023 tingkat provinsi Babel tersebut yakni berasal dari jenjang MI sebanyak 62 siswa, yang akan mengikuti 2 cabang lomba yakni matematika terintegrasi dan IPA terintegrasi.

BACA JUGA:Kanwil Kemenag Babel Ajak Tokoh Agama Jadi Tauladan Umat, Bijak Sikapi Perbedaan Idul Adha 1444H

Untuk jenjang MTs sebanyak 102 siswa yang akan berkompetisi melalui 3 cabang lomba yakni  matematika terintgerasi, IPA terintegrasi dan IPS terintegrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: