Bangka Kabupaten Layak Anak Terbaik 2023 Kategori Nindya

Bangka Kabupaten Layak Anak Terbaik 2023 Kategori Nindya

Wabup Syahbudin bersama Kepala Bappeda saat menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya 2023 di Semarang.-Yudi-

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Pemkab Bangka terus menerima penghargaan atas prestasi dan kinerja pemerintahan yang luar biasa. 

Setelah meraih Penghargaan Pembangunan Daerah dan Penghargaan Anugerah Revolusi  Mental Terbaik Indonesia, Predikat Wajar Tanpa Pengecualian untuk Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah selama 7 tahun berturut-turut, Penghargaan Innovative Government Award, Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik, Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan berbagai penghargaan prestisius lainnya.

Kali ini Pemkab Bangka, berhasil  meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya terbaik Indonesia. 

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada Wakil Bupati Bangka, Syahbuddin,  pada Malam Penghargaan apresiasi KLA Tahun 2023 di hotel Padma Semarang, Sabtu (22/72023).

BACA JUGA:Kampung Quran Jadikan BKPRMI Bangka Raih Penghargaan Pusat

Bupati Bangka, H Mulkan SH MH menyatakan Pemkab Bangka menyambut baik dan memberikan penghargaan kepada semua stakeholder perlindungan anak, baik yang berasal dari pemerintahan maupun non pemerintahaan. 

"Perlindungan anak memang menjadi fokus perhatian kami. Kami sadar betul, masa depan Kabupaten Bangka ada ditangan anak-anak. Oleh karenanya hampir semua kebijakan dan energi utama kami salurkan kepada anak-anak, baik pendidikannya, kesehatan maupun secara luas perlindungannya," ucapnya.

BACA JUGA:4 Kali Berturut, Pemkab Bangka Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Stunting Terbaik se Babel

Pemerintahannya terus membangun dan memperbaiki kualitas sumberdaya manusia  dengan aksentuasi pada stunting, perlindungan anak, pendidikan, kesehatan, pelayanan dasar dan urusan wajib pemerintahan non dasar lainnya.

Dijelaskan Bupati Mulkan, untuk mencapai arah kebijakan tersebut, perlindungan anak dilaksanakan melalui beberapa fokus prioritas. Pertama, peningkatan kualitas tumbuh kembang dan kelangsungan hidup anak, antara lain, melalui peningkatan aksesibilitas dan kualitas program pengembangan anak usia dini; peningkatan kualitas kesehatan anak; dan peningkatan pendidikan kesehatan reproduksi bagi remaja.

BACA JUGA:PEMKAB BANGKA RAIH PENGHARGAAN KABUPATEN TERINOVATIF TAHUN 2022

Kedua, perlindungan anak dari segala bentuk tindak kekerasan dan diskriminasi, antara lain melalui: peningkatan rehabilitasi dan pelindungan sosial anak; peningkatan perlindungan bagi pekerja anak dan penghapusan pekerja terburuk anak; dan peningkatan perlindungan bagi anak yang berhadapan dengan hukum.

"Ketiga, peningkatan kapasitas kelembagaan perlindungan anak, antara lain, melalui penyusunan dan harmonisasi peraturan perundang-undangan terkait perlindungan anak; peningkatan kapasitas pelaksana perlindungan anak; peningkatan penyediaan data dan informasi perlindungan anak; dan peningkatan koordinasi dan kemitraan antarpemangku kepentingan terkait pemenuhan hak-hak anak," paparnya.

BACA JUGA:Bupati Mulkan Pembina Karang Taruna Terbaik Nasional, Dapat Penghargaan Ini dari Kemensos RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: