Peningkatan Pengetahuan Kader Posyandu Dalam Upaya Penurunan AKI-AKB

Peningkatan Pengetahuan Kader Posyandu Dalam Upaya Penurunan AKI-AKB

--

BANGKA – Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang wajib dilakukan seluruh civitas akademika.

Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang yang merupakan salah satu perguruan tinggi Kesehatan yang ada di provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga turut serta secara rutin melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan berlandaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung kepada masyarakat.

Jurusan kebidanan merupakan salah satu jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang dengan focus utama pelayanan Kesehatan pada ibu dan anak.

Tingginya AKI dan AKB di kabupaten Bangka menggerakkan civitas akademika jurusan kebidanan untuk menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk pemberdayaan kader. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rentang waktu 2 bulan dimulai dari bulan mei hingga juni 2023.

Kegiatan pengabmas 1 diketuai oleh dosen kebidanan Ibu Tesza Rezky Permata, M.Keb dengan judul kegiatan Pemberdayaan Kader Tanggap Kesehatan Ibu dan Anak dalam upaya Penurunan AKI dan AKB di Desa Rebo Kabupaten Bangka.

Kegiatan Pengabmas 2 diketuai oleh Ibu Liana Devi Oktavia, M.Keb dengan judul “Bimbingan Teknis Deteksi Dini Resiko pada Ibu Hamil untuk kader Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Kenanga Kabupaten Bangka”.  

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk penyuluhan, bimbingan teknis menggunakan buku saku, praktik deteksi dini ke warga, games dan evaluasi.

Dari hasil evaluasi hasil penyuluhan, pengetahuan kader secara signifikan meningkat setelah diberikan penyuluhan. Kader juga sudah mampu melakukan identifikasi dan deteksi dini pada ibu dan anak dilihat dari hasil praktik ke warga selama 1 minggu.

Kader juga bisa mengidentifikasi ibu dan anak yang belum mendapatkan pelayanan Kesehatan KIA melalui games yang dilakukan.

Respon dan sambutan kader dan perangkat desa sangat baik terhadap kegiatan ini. Pada evaluasi akhir kader berharap kegiatan pengabmas yang dikemas dalam bentuk lain dapat dilakukan Kembali pada waktu yang akan datang.

Kegiatan penguatan yang berfokus pada Kesehatan ibu dan anak juga penting dilakukan dalam rangka percepatan penurunan AKI dan AKB di wilayah Kabupaten Bangka Provinsi Kep. Bangka Belitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: