Dinparbud Bangka Gelar Lomba Permainan Tradisional di Pantai Takari

Dinparbud Bangka Gelar Lomba Permainan Tradisional di Pantai Takari

Rismy Wira Madonna --Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Bangka, menjadwalkan sejumlah lomba permainan tradisional lokal pada 8 Juni 2023 mendatang di kawasan wisata Pantai Takari, Desa Rebo.

"Berbagai jenis lomba permainan tradisional lokal yang dikemas dalam festival Takari seperti Ngais Kerang Bambu (mencari kerang bambu), lomba menarik pukat, lomba cipta souvenir, lomba nyakar lokan (mencari lokan), dan lomba zumba," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wira Maddona melalui keterangan, Rabu (24/5).

BACA JUGA:Menteri Sandi Uno akan ke Bangka, Wira: Momen Berharga untuk Promosi Wisata

BACA JUGA:Ada Wisata Kekinian di Puri Ansell, Camping Mobil Campervan! Segini Tarifnya

Lomba jenis ini cukup penting digelar sebagai upaya mempromosikan destinasi desa wisata, produk serta kearifan lokal yang dimiliki desa wisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Hal penting lain dari kegiatan tersebut, menjadi sarana memperkenalkan dan melestarikan tradisional lokal kepada generasi sekarang di tengah perkembangan digitalisasi moderen.

"Lomba yang baru pertama kali digelar di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapat respon positif dari masyarakat, terlihat dari beberapa jenis lomba yang sudah melampaui jumlah target pendaftar, panitia membebaskan biaya pendaftaraan dan membatasi jumlah peserta," jelas dia.

BACA JUGA:Dewi Tari Bangka Masuk 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

BACA JUGA:Fam Trip 2023, Cara Dinparbud Kenalkan Destinasi Wisata Bangka

Dalam keterangan Rismy mengatakan, lomba mencari kerang bambu atau Ngais Kerang Bambu nantinya menjadi salah satu cabang lomba yang unik dan menarik karena fauna jenis ini sudah langka ditemukan, kalaupun ditemukan hanya terdapat di wilayah pesisir tertentu seperti disepanjang pesisir pantai Lintas Timur Bangka.

Lomba yang sengaja terpusat di Desa Rebo Bangka sebagai salah satu desa wisata "Dewi Tari" Rebo yang sebelumnya diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, merupakan lokasi pantai yang nyaman untuk berwisata, lokasi pantai yang startegis menghubungkan pusat Kota Sungailiat dan Kota Pangkalpinang sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan.(*)

BACA JUGA:Anugerah Pemasaran Pariwisata Indonesia 2023, Disparbud Yakin Tembus 10 Besar

BACA JUGA:Juli, Ada 3 Event Wisata di Bangka, Menteri Sandi Uno Bakal Datang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: