Yuk Ikut Lomba Menulis Inkubator Literisasi Basel, Ini Syaratnya

Yuk Ikut Lomba Menulis Inkubator Literisasi Basel, Ini Syaratnya

Sumadi--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Basel bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) menggelar kegiatan Lomba Menulis Inkubator Literasi, pada 15 Mei hingga 12 Juni mendatang.

Pada kegiatan ini Pemkab Basel turut menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Basel dan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Bangka Selatan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Basel Sumadi menyampaikan, tema pada lomba menulis ini akan mengangkat tentang budaya serta kearifan lokal yang ada di Basel.

"Para pemenang nantinya selain akan meraih hadiah jutaan rupiah, karyanya juga akan dibukukan oleh Perpustakaan Nasional RI," ujarnya.

BACA JUGA:Debby Vita: Gebyar Literasi Ajang Promosi Karya Masyarakat

Dikatakan Sumadi, karya tulisan yang dilombakan adalah dalam bentuk essay, tulisan yang terkumpul akan diseleksi menjadi 15 naskah terbaik, para penulis 15 essay terbaik akan mendapatkan materi kepenulisan bekerja sama dengan Perpusnas RI.

"Kategori masyarakat yang mengikuti lomba ini adalah berumur 15 - 45 tahun, dan itu gratis tanpa di pungut biaya," jelasnya.

Penjurian perlombaan ini kembali akan melalui proses penjurian hingga terpilih menjadi tiga terbaik yang akan diumumkan pada 17 Agustus 2023 mendatang dan Naskah ditulis dalam bentuk essay dengan panjang 1.500 - 3000 kata.

"Mari terus kita gelorakan semangat literasi, kami mengajak seluruh masyarakat gelorakan semangat literasi, semangat membaca dan menulis di Basel," tandasnya.

BACA JUGA:Perpusnas Gandeng PWI dan Pemkab Gelar Program Inkubator Literasi Basel

Berikut persyaratan Lomba Menulis Inkubator;

 1. Tema Budaya dan Kearifan Lokal Bangka Selatan.

2. Naskah Essay, 1.500 - 3000 kata.

3. Pengumpulan Tulisan Lomba 15 Mei 2023 – 12 Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: