DPMPTK Bateng Bagikan Tips Kelola THR, Biar Tak Cuma Numpang Lewat

DPMPTK Bateng Bagikan Tips Kelola THR, Biar Tak Cuma Numpang Lewat

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTK) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Aisyah Sisyilia--

BABELPOS.ID, KOBA - Hari raya selalu identik dengan THR, namun sangat disayangkan apabila uang THR tersebut tidak dikelola dengan baik dan habis sia-sia.

Maka dari itu, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTK) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) memberikan tips jitu mengelola uang THR, agar tak habis sia-sia.

"Setidaknya ada 6 tips dalam mengelola uang THR, yakni alokasikan untuk zakat dan bersedekah, tabung sebagian uang THR, dan buat daftar keperluan penting," ujar Kepala DPMPTK Bangka Tengah, Aisyah Sisylia kepada babelpos.id pada Kamis, (20/4/2023).

"Kemudian menahan hasrat belanja online, lunasi hutang jika ada, dan sisihka  untuk dana darurat," sambungnya.

Dikatakan Sisyl sapaan akrabnya, setidaknya pisahkan sekitar 10 hingga 20 persen uang THR anda untuk dana tabungan. 

"Sebaiknya lakukan pemisahan tepat sebelum menggunakan uang THR, agar terhindar dari godaan menggunakan uang tersebut, termasuk untuk menggunakannya dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan kebutuhan hari raya," terangnya.

Kata Dia, kebutuhan hari raya ini mencakup kebutuhan untuk membeli pakaian baru, perlengkapan ibadah, serta membayarkan zakat. 

"Sebaiknya dipisahkan terlebih dahulu uang THR untuk membayar zakat. Sebab besaran uang untuk membayar zakat sudah dapat ditentukan dan sesuai dengan kewajiban," tuturnya.

Selain hal tersebut, kebutuhan untuk membeli tiket mudik dan THR untuk saudara-saudara di kampung juga dapat menggunakan uang THR yang didapatkan. 

"Hal yang tidak kalah penting adalah mengalokasikan uang THR untuk melunasi utang, jika memang punya hutanh dan bisa juga alokasikan sekitar 10 persen uang THR yang didapat untuk diputar kembali sebagai dana investasi," imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: