BPJ: Soal Hilirisasi, Timah Sudah Terdepan

 BPJ: Soal Hilirisasi,   Timah Sudah Terdepan

--

BABELPOS.ID.- Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Bangka Belitung (Babel), Bambang Patijaya secara tegas menyatakan akan membela habis-habisan ketika kegagalan hilirisasi komoditas timah dinilai karena soal tata kelolanya.

''Sejak tahun 2022 saya sudah sering ribut masalah hilirisasi timah.  Menteri perdagangan mengatakan timah belum ada hilirisasi, sedangkan pokja timah mengatakan sudah ada hilirisasi tahap satu, mestinya Menteri Perdagangan bangga karena apa yang terjadi dengan pertimahan di Babel justru sudah terdepan dibanding yang lain,'' ujar BPJ, --begitu sapaan akrab Ketua DPD Partai Golkar Babel itu-- dalam diskusi dengan para pimpinan media di Santika Hotel, kemarin sore (18/4).

Selaku putra daerah, BPJ mengaku sangat keberatan jika ada yang menyatakan gagalnya hilirisasi karena Babel sebagai penyebab.  

''Solusinya memang semua persoalan timah harus diatasi,'' ujarnya.

Termasuk soal wacana timah mau dikembalikan menjadi komoditas strategis, sekali lagi BPJ menyatakan itu juga tidak ada urgensinya.  

''Yang ada justru akan membuat masyarakat Babel teringat ketika bagaimana timah masih komoditi strategis, akan ada Satgas dan segala macamnya,'' tegas BPJ lagi.

Terlepas dari semua itu, keberadaan BPJ di Komisi VII DPR RI yang menangani bidang energi, industri, riset dan investasi, memang terasa warnanya, terutama bagi Bangka Belitung ketika menyangkut soal pertimahan.  

''Sehingga ketika orang-orang di pusat membahas timah, tidak jauh panggang dari api, kan ada BPJ yang tahu masalah dan persoalannya,'' ujar seorang pimpinan media.(red)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: