PWM Babel Pusatkan Salat Idulfitri 1444H di Kompleks SD Muhammadiyah Pangkalpinang

PWM Babel Pusatkan Salat Idulfitri 1444H di Kompleks SD Muhammadiyah Pangkalpinang

H. Hasan Rumata--Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Sekretaris Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Babel, H. Hasan Rumata memastikan pelaksanaan salat Idulfitri 1444 H akan dilaksanakan pada Jumat, (21/04/2023) sesuai dengan amar putusan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Adapun untuk pelaksanaan salat Idulfitri 1444 H tingkat wilayah, PWM Babel telah memutuskan plane A dan B sebagai pusat pelaksanaan. Yakni dipusatkan di Kompleks SD Muhammadiyah Pangkalpinang. 

Dijelaskan H. Hasan Rumata, yang ditemui Senin, (17/04/2023), pelaksanaan salat Idulfitri 1444 H akan dimulai pada pukul 07.15. Bertindak selaku khotib dan imam adalah H. Sahirman Jumli selaku Ketua Umum PWM Babel Periode 2022 – 2027.

Namun apabila kondisinya nanti tidak memungkinkan, misalnya terjadi hujan maka akan alihkan ke Masjid Muhajirin Kota Pangkalpinang.

Sementara bagi warga Muhammadiyah sekitar Gabek dan Selindung dapat melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Al-Khoirot Kelurahan Gabek.

BACA JUGA:Muhammadiyah Rayakan Idul Fitri, 21 April

PWM Babel juga telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) untuk menyelenggarakan salat Idulfitri secara serentak sesuai dengan Maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

"Insyallah seluruh Pimpinan Daerah Muhammadiyah telah siap untuk melaksanakan salat Idulfitri di semua daerah Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang, serta telah melaporkan untuk yang bertindak sebagai imam dan khotibnya,” sebut Hasan.

Ia juga memastikan, bahwa Muhammadiyah sebagai organisasi yang taat aturan negara, akan senantiasa ikut serta mendukung langkah pemerintah untuk tetap meningkatkan standar kewaspadaan Covid-19 pada pelaksanaan salat Idulfitri. Sebab, mesti sudah ada pelonggaran, namun tetap harus saling menjaga, demi keamaan semua pihak.

BACA JUGA:Besok Baru Sidang Isbat, Muhammadiyah Lusa Puasa

Ditambahkan oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang ini, pengamanan dan rekayasa pengaturan arus lalu lintas dan parkir di sekitar area salat Idulfitri, sudah dikoordinasikan dengan pihak kepolisian, Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang dan instansi terkait lainnya.

"Kita juga sudah berkoordinasi dan minta izin dengan Pengurus Masjid Jamik Kota Pangkalpinang, supaya nantinya di sepanjang area jalan masjid sampai ke arah SD Muhammadiyah dan Gedung Nasional, ditutup sementara sampai selesai dilaksanakannya salat Idulfitri 1444H,” tuturnya.

Hal ini sekaligus sebagai antisipasi, apabila juga nantinya terjadi perbedaan pelaksanaan salat Idulfitri 1444 H antar Muhammadiyah dan pemerintah.

“Karena kami juga sudah mengevaluasi beberapa tahun terakhir, jika terjadi  perbedaan hari pelaksanaan, maka jumlah jamaah pasti akan banyak, bahkan kadang sampai ke jalan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: