_Talk Show_ dengan iNews TV, Pj Gubernur Babel Suganda Pandapotan Paparkan Program Prioritasnya

_Talk Show_ dengan iNews TV, Pj Gubernur Babel Suganda Pandapotan Paparkan Program Prioritasnya

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Usai didapuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada 31 Maret 2023 lalu, Suganda Pandapotan Pasaribu secara eksklusif diwawancarai oleh iNews TV (MNC Media Grup) dalam program _Talk Show 'I Speak'_ terkait program prioritasnya, yang akan ditayangkan di iNews TV Bangka Belitung pada Sabtu pagi (8/4/23).

"Ini adalah anugerah Tuhan, karena prosesnya tidak lebih dari satu minggu saya diberikan kesempatan dan amanah bersama-sama masyarakat Bangka Belitung untuk membangun daerah ini lebih baik lagi ke depan," jelas Pj Gubernur Suganda mengawali wawancara bersama _presenter_ Frince Zeshwa yang menanyakan apa yang terlintas dalam pikirannya saat pertama kali mendapat mandat sebagai Pj Gubernur di Rumah Dinas Gubernur, Selasa (4/4/23).

Rasanya mustahil, tapi sebagai seorang ASN, dirinya mengatakan siap ditempatkan kapan saja dan di mana saja karena hal ini merupakan bagian dari kewajibannya sebagai seorang ASN yang mengabdi kepada masyarakat dan pemerintah. 

Dirinya mengaku bahwa program prioritas yang ia rancang untuk Bangka Belitung, yakni menurunkan angka stunting dan malnutrisi anak, penurunan angka kemiskinan, penekanan laju angka inflasi daerah, menerapkan program-program strategis yang sudah ada, dan menata kembali pengelolaan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, tidak buru-buru dilakukan, melainkan sudah dirancang secara matang dan _up to date._

Kelima program ini menurutnya merupakan hal yang saling berkaitan satu sama lain, sehingga harus dilakukan secara bersama-sama dan berkelanjutan.

Lebih lanjut, ia mengurai strategi atau formula yang digunakan untuk menanggulangi permasalahan stunting, yakni formula bersama-sama. Karena permasalahan stunting tidak dapat hanya dilakukan oleh seorang Gubernur saja, melainkan harus melibatkan semua _stakeholder_yang ada, diantaranya Forkopimda, investor, pelaku usaha, tokoh masyarakat, dan lainnya.

"Artinya, program pemerintah bukan program yang jalan sendiri-sendiri, saya berharap antara program satu dengan program lainnya bisa saling menguatkan, sehingga akan lebih tepat sasaran dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat," jelasnya.

Selain itu, Pj Gubernur Suganda juga memaparkan satu persatu strategi yang dirinya gunakan terkait lima program prioritas yang ia canangkan dan akan diterapkan di Bangka Belitung.

Kemudian, satu kata untuk Bangka Belitung yang Pj Gubernur Suganda deskripsikan dalam benaknya adalah, Bangka Belitung yang luar biasa dan modern. 

"Saya sebagai Penjabat Gubernur yang dilantik kemarin akan siap bersama-sama seluruh masyarakat Bangka Belitung, _stakeholder_, tokoh agama, organisasi masyarakat untuk membangun Bangka Belitung. Mari sama-sama bergandengan tangan membangun Bangka Belitung menjadi lebih baik lagi, luar biasa, dan modern," _closing statement_ Pj Gubernur Suganda mengakhiri _talk show._

Penulis : Dini

Foto : Nabila

Editor :Imelda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: