Perekonomian Bangka Tengah Tumbuh 1,34 Persen

Perekonomian Bangka Tengah Tumbuh 1,34 Persen

Bupati Algafry Rahman --

BABELPOS.ID, KOBA - Perekonomian Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) di tahun 2022 kembali tumbuh positif yaitu sebesar 1,34 persen lebih tinggi dibanding capaian pada tahun sebelumnya.

Hal ini diungkapkan Bupati Bateng, Algafry Rahman kepada babelpos.id pada Minggu (2/4/2023) di Koba.

BACA JUGA:Ini Jurus Bupati Algafry Kendalikan Inflasi di Bangka Tengah

Dijelaskannya, secara makro kinerja perekonomian Bangka Tengah dapat dilihat dari nilai PDRB atas dasar harga konstan Kabupaten Bangka Tengah pada tahun 2022 yang mencapai 6.352,64 miliar rupiah naik dibandingkan tahun 2021 yang sebesar 5.987,14 miliar rupiah.

"Tentunya perekonomian Bangka Tengah yang tumbuh ke arah positif ini tidak terlepas dari adanya upaya pemerintah Kabupaten Bangka Tengah untuk menjaga stabilitas harga, sehingga terjadi peningkatan daya beli masyarakat, karena naiknya pendapatan secara umum," ujarnya.

BACA JUGA:Majukan Ekonomi Bateng, Algafry Punya 3 Program Unggulan, Simak Ini

Ia juga mengungkapkan laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bangka Tengah pada Tahun 2022 terutama disumbang oleh sektor transportasi dan pergudangan yang menyumbang kenaikan pada laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bangka Tengah sebesar 34,68 persen.

"Kemudian disusul oleh sektor industri pengolahan sebesar 15,03 persen dan jasa perusahaan sebesar 10,55 persen," tuturnya.

BACA JUGA:Perkuat Ekonomi Keluarga Nelayan, Ini Upaya Pemkab Bateng

Soal Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia, dijelaskannya, IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan, seperti dalam hal memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan dan sebagainya.

"IPM ini dibentuk oleh tiga dimensi dasar yaitu umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan dan standar hidup layak," terangnya.

BACA JUGA:Program PKH Diharapkan Turunkan Jumlah Penduduk Miskin dan Naikkan IPM Bateng

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa perkembangan IPM di Kabupaten Bangka Tengah pada Tahun 2022 mengalami kenaikan 0,71 persen.

"Status IPM Bateng tinggi, dengan nilai sebesar 71,4. Nilai ini naik dibandingkan dengan tahun 2021 sebesar 70,89 dan semoga kembali naik di tahun 2023," imbuhnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: