Dua Anggota FOBI Basel Dapat Sertifikat Pelatih Nasional

Dua Anggota FOBI Basel Dapat Sertifikat Pelatih Nasional

Tomi dan Findra Sugara, dua pelatih Barongsai FOBI Basel yang mendapat sertifikat pelatih nasional.--

BABELPOS.ID, TOBOALI -  Tomi dan Findra Sugara, dua orang perwakilan Cabang Olahraga Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Basel mendapatkan sertifikat pelatih Barongsai tingkat nasional yang diselenggarakan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah pada Sabtu 11- 12 Maret 2023, bertempat di UTS Convention Hotel Kota Semarang.

Pelatihan pelatih yang diikuti oleh perwakilan Cabor FOBI Basel merupakan satu-satunya perwakilan dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua FOBI Basel Wendy menyampaikan, terima kasih kepada FOBI Jateng yang sudah mengundang FOBI Basel untuk mengikuti pelatihan tingkat Nasional ini.

"Terlebih lagi FOBI Basel merupakan satu satunya di Babel yang mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti pelatihan pelatih Barongsai tingkat nasional," ucapnya.

BACA JUGA:FOBI Basel Kirimkan Dua Pelatih ke Semarang

Ia mengucapkan selamat kepada Tomi dan Findra Sugara yang sudah mengantongi sertifikat pelatih Nasional sehingga kedepannya bisa menciptakan atlet atlet FOBI yang berbakat.

"Semoga FOBI Basel bisa mencetak atlet atlet berbakat serta ada perwakilan dari FOBI Basel yang mengikuti kejuaraan maupun event event Nasional maupun Internasional," ucapnya.

Sementara itu, Ketua FOBI Pemprov Jateng Handojo Halim yang bekerjasama dengan PB FOBI Pusat menyampaikan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan kualitas para pelatih di daerah.

"Sekaligus upaya menyetarakan kemampuan dengan daerah provinsi lainnya atau di luar daerah," ungkapnya.

Dalam pelatihan pelatih ini ada tiga kategori yakni Liong (Naga), Barongsai dan Pekingsai yang dibagi menjadi tiga tahapan seperti teori, praktek dan diakhiri ujian d secara tertulis.

"Kurang lebih ada sekitar 78 peserta dari berbagai Provinsi/Kabupaten di Indonesia, seperti FOBI Jateng,Jatim, Kabupaten Basel  Provinsi Babel, FOBI NTB, DIY Yogjakarta dan lainnya," jelasnya.

Handojo Halim berharap para peserta yang mengikuti pelatihan ini bisa meningkatkan kemampuanya di daerah guna menunjukkan kapasitas, produktivitas dan kinerja jadi seorang pelatih.

"Agar di tiap provinsi maupun kabupaten kota setara dengan daerah lainnya yang ada di seluruh Indonesia," pungkasnya.

Dalam kegiatan ini hadir Wakil Sekjen PB FOBI Arifin Himawan, Bidang Pembinaan Prestasi Tjokro Pont Joharyo, Bidang Pertandingan dan Penjurian, Wan Gust Salim, Andri Wijaya, Tan Wilyanto, Heryanto Salim, serta Bidang Penelitian dan Pengembangan  Tjan Budiyono. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: