Berharap Babel Halal Expo Jadi Agenda Tahunan

Berharap Babel Halal Expo Jadi Agenda Tahunan

Penutupan Babel Halal Expo 2023.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Pekan Babel Halal Expo 2023 dengan tema" Membangun Ekosistem Halal di Bumi Serumpun Sebalai Dalam Menyongsong Indonesia Pusat Halal Dunia 2024" di Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang sejak 10 Maret 2023, resmi ditutup oleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Zayadi Hamzah pada Minggu (12/03/2023) malam.

Ketua Panitia Babel Halal Expo 2023, Ridwan M.Nur, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinisi Bangka Belitung, Pemkot Pangkalpinang, mitra usaha, UMKM, unsur Forkominda se Bangka Belitung, Kemenkumham Babel, Pimpinan Lembaga Kepolisian, Pimpinan Perguruan Tinggi se Babel, dan seluruh element masyarakat yang telah ikut berpartisipasi mensukseskan acara ini.

Acara ini juga terselenggara berkat kerjasama antara MUI Babel, LPPOM MUI Babel, Arka Media, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, PT.Timah Tbk, dunia usaha dan UMKM, Bank Sumsel Babel Syariah Pangkalpinang, BPOM Pangkalpinang, BPJPH RI melalui Satgas Halal Kanwil Kemenag Babel dan masih banyak lainnya.

Babel Halal Expo 2023 sukses diikuti ratusan stand dari berbagai perusahaan BUMN/BUMD dan UMKM. Acara ini juga dilaksanakan dalam rangka sosialisasi kepada pelaku usaha untuk segera mengurus sertifikasi halal produknya  sebelum 17 Oktober 2024.

“Insyaallah akan ada Babel Halal Expo  di 2024, makanya sosialiasi sertifikasi halal semacam ini harus berkelanjutan. Dan semoga pelaku UMKM  juga terus  menjaga produknya menjadi produk yang halalan thayyiban, sehingga target pemerintah untuk mewujudkan Babel sebagai daerah tujuan wisata  halal dan ramah muslim maupun  Indonesia  sebagai produsen halal dunia pada 2024 serta kebangkitan ekonomi yang kita harapkan bersama akan terwujud,” harap Ridwan.

BACA JUGA:Kakanwil Harun Sulianto Hadiri Babel Halal Expo MUI

Dalam acara penutupan juga diumumkan berbagai penghargaan atau reward kepada stand UMKM yang berhasil mengumpulkan bukti transaksi penjualan menggunakan Qris, reward untuk stand favorit dan stand terbaik yang berhasil diraih oleh stand Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung, BPOM Pangkalpinang, Universitas Anak Bangsa Pangkalpinang dan Universitas Terbuka Pangkalpinang hingga pembagian hadiah lomba festival fashion show, lagu religi dan shalawat.

Ketum MUI Babel, Zayadi Hamzah menjelaskan, bahwa Babel Halal Expo diselenggarakan sesuai amanah Undang-undang Jaminan Produk Halal No.33 Tahun 2014, membangkitkan kiprah dalam peran industri halal dengan ikut mensukseskan program 1 juta sertifikasi halal yang dicanangkan oleh Badan Penyelengggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat sampai Desember 2023. Karena pemerintah menargetkan Indonesia sebagai pusat halal dunia pada 2024.

Kegiatan ini juga sebagai follow up dari Kongres Halal Internasional (KHI) Juli 2022 di Babel, yang telah merumuskan berbagai model strategi pengembangan ekosistem industri halal, seperti melalui wisata halal ramah muslim, melibatkan peran lembaga atau pondok pesantren dalam pengembangan ekonomi syariah, lebih memperkuat system integrasi antara MUI dengan semua komponen dunia usaha dan masyarakat untuk memaksimalkan pemanfataan potensi industri halal.

"Pemerintah terus mendorong pelaku usaha maupun UMKM yang belum punya sertifikasi halal, agar segera mengurus sertifikasi halal produknya, sebab produk-produk makanan dan minuman yang tidak bersertifikat halal setelah 17 Oktober 2024 bisa dikenakan saksi dan tidak boleh beredar dipasaran," ujar Zayadi.

BACA JUGA:Bagi Tim Penyelia Halal Internal Fox Harris LPPOM MUI Babel Siap Beri Pembinaan

Ia berharap kegiatan Babel Halal Expo 2023 dapat menjadi agenda rutin tahunan. Kesuksesan Babel Halal Expo 2023 di Pangkalpinang akan siap berlanjut ke Babel Halal Expo Internasional di Pulau Belitung pada awal tahun 2025 mendatang.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung, Faturachman juga mengapresiasi suksesnya penyelenggaraan Babel Halal Expo 2023. BI terus berkomitmen mendukung berbagai upaya pengembangan UMKM di seluruh Indonesia termasuk di Babel sebagai salah satu stimulan pemulihan ekonomi nasional. 

Pada pekan Babel Halal Expo 2023 ini setidaknya ada 20 mitra UMKM binaan BI Babel yang telah ikut berpartisipasi. Dan BI juga akan terus mendorong mitra bisnis dan UMKM mampu naik kelas dan go internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: