Feri Stop, Tapi Kapal Express Bahari Rute Muntok - Palembang Tetap Berlayar

Feri Stop, Tapi Kapal Express Bahari Rute Muntok - Palembang Tetap Berlayar

Kapal Ekpres Bahari yang tetap berlayar.--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Dibawah naungan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kapal Express Bahari dari Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok tujuan Pelabuhan Bom Baru, Kota Palembang, tetap melakukan pelayaran.

Ini berbeda dengan penyeberangan kapal Roro di Pelabuhan Tanjung Kalian. Aktivitas pelayarannya dihentikan sementara oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah VII Provinsi Sumsel Babel, sejak Minggu (29/1/23) kemarin, akibat cuaca buruk.

BACA JUGA:Kapal dari Tanjung Kalian Muntok Stop Sementara

Bambang, Petugas Keselamatan Berlayar KSOP Mentok, mengatakan pihaknya mengizinkan kapal Express Bahari berlayar, lantaran sesuai keputusan nakhoda kapal.

"Melakukan pemberangkatan itu kan dari Palembang dan kita dari pagi sudah melakukan komunikasi dengan nakhoda kapal. Intinya kalau kita dari nakhoda, kalau mereka sanggup untuk berlayar, kita izinkan, tapi juga harus melihat situasinya, tidak harus memaksakan," ujar Bambang, Senin (30/1/23).

BACA JUGA:ASDP Tanjung Kalian Tutup Pembelian Tiket

Ia menyebutkan keputusan berlayar diserah kepada nahkoda, karena mereka lebih paham karakter kapal dan situasi di laut.

"Kalau cuaca buruk di sini, kita tidak akan memberangkatkan dari sini. Kita melihat pantauan BMKG dan melihat langsung kondisi cuaca di lautan. Terus mereka inikan kapal cepat, jadi di laut nggak lama paling sekitar 45 menit di laut, beda dengan Feri yang 3 jam di laut sebelum masuk sungai. Juga siap putar balik apabila tidak memungkinkan untuk berlayar," jelasnya.

BACA JUGA:Masih Ditutup, Begini Kondisi Penyeberangan Pelabuhan Tanjung Kalian

Sementara itu, Kapten Kapal Jetfoil Express Bahari, Saroha Butarbutar mengatakan kondisi cuaca di tengah perjalanan dari Pelabuhan Bom Baru, Palembang ke Pelabuhan Tanjung Kalian, Mentok aman. 

"Kita melihat kondisi cuaca tadi di laut bagus bisa untuk dilewati berlayar, makanya tadi berangkat. Kalau untuk ketinggian gelombang hari ini normal dibawah satu meter, Dari Bom Baru 08.20 tiba 11.40, aman selama perjalanan hanya riak alun saja," tuturnya. (**)

BACA JUGA:Badai Hentikan Penyeberangan Tanjung Kalian - Tanjung Api-api

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: