526 Pendaftar Ikut Tes Tertulis, Bersaing Rebut 189 Kuota PPS Bateng

526 Pendaftar Ikut Tes Tertulis, Bersaing Rebut 189 Kuota PPS Bateng

Tes tertulis calon Anggota PPS Bateng.--

BABELPOS.ID, KOBA - Sebanyak 526 Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Bangka Tengah (Bateng) yang dinyatakan lolos tes pemberkasan via online oleh Komisi Pemilahan Umum (KPU) Bangka Tengah mengikuti tes tertulis pada Selasa, (10/1/2023). 

Komisioner KPU Bangka Tengah, Hendra Sinaga mengatakan pemilihan ini sesuai keputusan KPU Nomor 532 tentang pembentukan Badan Penyelenggaraan Pemilu.

"Tahapan PPS ini dimulai sejak Desember 2022 yaitu pembukaan pendaftaran dan pada hari ini seleksi tes tertulis yang akan diumumkan hasilnya 15 Januari 2023 mendatang," ujar Hendra kepada babelpos.id.

BACA JUGA:Tahapan Seleksi Rampung, KPU Bateng Lantik 30 Anggota PPK

"Setelah lulus tes tertulis, kemudian tes wawancara pada 18 Januari dan pengumuman yang lulus jadi anggota PPS pada 21 Januari, selanjutnya pelantikan pada 23 Januari dengan masa kerja 24 Januari 2023 sampai 4 April 2024," sambungnya.

BACA JUGA:93 Calon Anggota PPK Lolos Tahap Wawancara, Ini yang Penting Menurut KPU Bateng

Dari tes tertulis akan diambil 6 orang dari desa/kelurahan. Kemudian akan diambil 3 terbaik untuk jadi anggota PPS setiap Desa/Kelurahan di Bangka Tengah. Sementara 3 orang lainnya disiapkan untuk PAW. Dengan demikian total 189 anggota PPS dilantik dan 189 anggota PAW. 

Ia menegaskan, pihaknya akan selalu membuka pendapat masyarakat tentang terpilihnya anggota PPS, apabila ditemukan anggota PPS yang bermasalah. 

"Kalau memang ada anggota PPS yang bermasalah, kami masih sangat terbuka untuk pendapat masyarakat," tuturnya.

BACA JUGA:Tak Ingin Ada Korban pada Pemilu 2024, KPU Bateng Antisipasi Dengan Ini

Ia pun berharap, KPU bisa menjaring petugas PPS yang mempunyai kinerja baik serta loyalitas yang tinggi untuk mensukseskan Pemilu Serentak 2024 mendatang. 

"Kita berharap bisa menjaring anggota PPS ataupun PPK yang punya etos kerja, elektabilitas tinggi serta loyalitas dan kinerja yang baik agar suksesnya Pemilu serentak 2024," harapnya. (**)

BACA JUGA:KPU Bateng Gencarkan Sosialisasi Ad Hoc dan Penggunaan SIAKBA Pemilu 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: