Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Menumbing 2022, Polresta Pangkalpinang Siap Amankan Nataru

Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Menumbing 2022, Polresta Pangkalpinang Siap Amankan Nataru

--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Polresta Pangkalpinang menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Menumbing 2022, Kamis (22/12/22). 

Apel yang dilaksanakan di halaman Mapolresta Pangkalpinang ini dipimpin langsung Pelaksana tugas Kapolresta Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono

Apel turut dihadiri Dandim 0413/ Bangka Kolonel Inf Denny Noviandi, Asisten 1 Pemerintah dan Kesra Setdako Pangkalpinang Ahmad Subekti, Kasat Pol PP dan Damkar Kota Pangkalpinang Efran, Pejabat Utama Polresta Pangkalpinang serta para Kapolsek Jajaran dan tamu undangan lainnya.

Pasukan upacara terdiri dari personel Kodim 0413 / Bangka, Sat Samapta Polresta Pangkalpinang, Sat Polair Polresta Pangkalpinang, Sat Lantas Polresta Pangkalpinang, Sat Pol PP Kota Pangkalpinang, Dinas Kebakaran Kota Pangkalpinang, BNPB Kota Pangkalpinang, Dinas Pergubungan Kota Pangkalpinang, Senkom Kota Pangkalpinang, Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang.

Plt Kapolresta Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono, S.I.K M.H dalam sambutannya yang membacakan amanat dari Kapolri menegaskan bahwa Operasi Lilin 2022 yang diselenggarakan oleh Polri ini adalah operasi terpusat dan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

"Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2022 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemerintah Daerah dan Mitra kamtibmas lainnya," Ujar Budi. 

Budi mengatakan, Operasi Lilin Menumbing 2022 akan dilaksanakan selama 11 hari mulai dari 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023.

"Operasi ini akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman," tegas Budi. 

Lanjut Budi, ada beberapa penekanan dari Kapolri terkait Operasi Lilin Menumbing diantaranya  seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat natal dan tahun baru ini betul-betul disiapkan, agar masyarakat merasa nyaman dan juga aman.

Selain itu, katanya, seluruh jajaran harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan Covid-19 dan mrlakukan penguatan prokes terutama pada lokasi-lokasi dengan tingkat interaksi tinggi. 

"Kita juga diminta untuk terus mengimbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi booster guna meningkatkan imunitas dan optimalkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi," tutur Budi. 

Pada sisi keamanan, lanjut Budi, terdapat beberapa potensi gangguan yang juga perlu diwaspadai seperti kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan antar pulau, terminal dan bandara.

Kemudian, tambahnya, seluruh jajaran juga diminta untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan penumpang. Selain itu, patroli jalan kaki dalam rangka sosialisasi prokes dan mencegah terjadinya kejahatan juga diintensifkan.

"Tingkatkan patroli pada daerah rawan dan objek vital serta lakukan sosialisasi guna meningkatkan standar keamanan lingkungan dan tempat tinggal, terutama kepada masyarakat yang akan berpergian," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: