Personel Bhabinkamtibmas Kelurahan Tua Tunu Problem Solving Permasalahan Warga Binaan

Personel Bhabinkamtibmas Kelurahan Tua Tunu Problem Solving Permasalahan Warga Binaan

--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meminta para personel Bhabinkamtibmas di wilayah, untuk berperan menjadi problem solving saat bertugas di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya dengan memberikan pendampingan hukum.

BACA JUGA: PT Timah Tbk Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Bencana Puting Beliung di Desa Cendil

Problem solving adalah strategi pemecahan masalah yang dilaksanakan oleh pengemban fungsi Bhabinkamtibmas Polri untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan. Tujuannya adalah untuk mendamaikan permasalahan terhadap warga yang bermasalah.

Tentunya program tersebut menjadi tanggungjawab dari Bhabinkamtibmas yang merupakan ujung tombak kepolisian di kewilayahan.

Atas atensi itulah, Personel Bhabinkamtibmas Polsek Gerunggang Polresta Pangkalpinang, Aipda Belly Marison pun turun langsung ikut membantu memecahkan masalah warga di wilayah binaannya, Senin (5/12/2022).   Masalah tersebut terkait dugaan penganiayaan ringan yang terjadi di Perumahan Green Hill Jalan Aik Geligit Kelurahan Tuatunu Indah Kecamatan Gerunggang. 

BACA JUGA: Jalan Trem, Trem Seberang dan Kampung Puput

Adapun langkah-langkah yang diambil oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Tua Tunu dalam menyelesaikan permasalahan warganya ini dengan memanggil saksi saksi, mengajak perangkat desa setempat, serta memanggil kedua belah pihak dan juga pihak keluarga yang bermasalah.

Di sela sela penyelesaian masalah ini AIPDA Belly Marison, memberikan nasehat dan imbauan kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun, damai dan toleransi.

"Karena kita tidak melakukan kekerasan atau main hakim sendiri dalam menyelesaikan masalah. Makanya disini kita mengajak kedua belah pihak untuk saling memaafkan dan tidak mengulangi perbuatannya lagi. Alhamdulillah dengan mediasi ini, kedua belah pihak sepakat damai dan masalahnya diselesaikan secara kekeluargaan," ujar Belly. 

BACA JUGA: Menpan RB Adullah Azwar Anas: CPNS 2023, Ada!

Diakhir mediasi ini, Bhabinkamtibmas membuatkan surat pernyataan yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak dan saling meminta maaf serta berjanji untuk tidak mengulanginya lagi dan tidak saling dendam atas kejadian yang sudah terjadi.

Kapolsek Gerunggang IPTU Suhendar seizin Kapolres Pangkalpinang AKBP Dwi Murtiono, S.I.K M.H menambahkan, problem solving akan menjadi prioritas pihaknya dalam menyelesaikan permasalahan antar warga. 

Namun selalu Kapolsek, dia berharap agar masyarakat selalu hidup rukun dan saling menghargai satu sama lainnya. 

BACA JUGA: Pj Gubernur Babel Dinilai Tidak Sah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: