Tanggap Darurat Kecelakaan Laut Tim Gabungan Gelar Simulasi

Tanggap Darurat Kecelakaan Laut Tim Gabungan Gelar Simulasi

--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Menghadapi cuaca ekstrem, petugas gabungan yang terdiri dari BPBD Bangka Barat, Basarnas, KKP, dan instansi lainnya, gelar simulasi tanggap darurat kecelakaan laut, Rabu (16/11/22).

Dalam simulasi tanggap darurat ini, petugas gabungan menggelar simulasi di sebuah kapal penyebrangan KMP Belanak, di perairan Tanjung Kalian, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Kepala BPBD Bangka Barat, Achmad Nursyandi menyampaikan kegiatan simulasi ini digelar, selain menghadapi cuaca ekstrem serta juga untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Tanjung Kalian. 

"Ada dua momen yang kita antisipasi dalam keadaan cuaca eksrem, kemungkinan akan ada kecelakaan laut. Terus momen yang ada didepan mata kita Nataru, ini pelabuhan Tanjung kalian Muntok merupakan salah satu pintu masuk yang padat," ungkap, Sandi.

Tepisah itu, GM ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Christopher Samosir mengatakan sangat mendukung program simulasi  yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

"Kita support dan dukung kebetulan ini titik fokusnya di Pelabuhan Tanjung Kalian," ucapnya.

Christopher berharap kegiatan simulasi  dapat digelar lagi kedepannnya, karena dirinya menilai simulasi ini perlu dilakukan untuk menghadapi pada saat situasi darurat di wilayah perairan. 

"Intinya karena biasa ini mudah-mudahan menjadi kebiasaan kita dalam menagani keadaan darurat agar kita siap dan sedia. Kemudian terakhir kita tutup dengan evaluasi dari hasil simulasi latihan dan terdapat beberapa yang harus kita perbaiki," pungkasnya. (amd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: