Resmi Pimpin POGI Babel, Idil Fitri Ingatkan Tugas Turunkan Angka Kematian Ibu & Bayi

Resmi Pimpin POGI Babel, Idil Fitri Ingatkan Tugas Turunkan Angka Kematian Ibu & Bayi

Idil Fitri selaku Ketua POGI Babel menerima pataka dari Ketua POGI Pusat usai dilantik.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Ketua Umum Terpilih Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Pusat, Prof Dr dr Budi Wiweko SpOG melantik pengurus POGI Cabang Bangka Belitung, Sabtu (29/10) siang. Bendera pataka POGI diserahkan kepada pengurus periode 2022-2025 yang dinahkodai oleh Dr Idil Fitri SpOG.

Dalam pelantikan kali ini, Ketua POGI Cabang Babel Terpilih Dr Idil menjelaskan masih menjadi tugas bersama anggota POGI yakni menurunkan angka kematian Ibu dan bayi. Meski saat ini, tren kematian itu menurun namun masih tercatat ada 25 kematian Ibu yang tersebar merata di 7 Kabupaten/Kota di Babel hingga September 2022.

BACA JUGA:Dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Berikan Bimtek Penanganan Stunting

"Tugas utama kita tetap dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Kita ketahui bersama penyebab utama hipertensi, pendarahan, infeksi dan kasus lain," jelasnya saat memberikan sambutan usai pelantikan.

Sementara, kasus kematian bayi di Babel hingga bulan September ini ada 85 kasus. Belum lagi, POGI mendapat tugas baru dalam penanganan stunting. Peran POGI juga dibutuhkan dalam menurunkan angka stunting, yang hingga September 2022 ini mencapai 18 persen. 

BACA JUGA:Cegah dan Tangani Stunting, PT Timah Tbk Edukasi Soal Stunting ke Warga Desa Bukit Layang

"Pemerintah Pusat melalui Kementrian sangat konsen melakukan transformasi kesehatan. Kita masih kekurangan tenaga dokter belum tersebar merata, anggota POGI 32 Spog tersebar di 7 Kabupaten/Kota," tuturnya.

Sementara, Prof Budi Wiweko menyampaikan selamat bertugas kepada kepengurusan POGI Babel. Dia berharap pengurusan yang baru dapat meneruskan apa yang baik dari pengurus sebelumnya dan apa yang belum terlaksana oleh pengurus sebelumnya.

BACA JUGA:Kampanye Gemarikan, Sasar Daerah Rawan Stunting di Babel

"Ada tiga hal yang ingin kami sampaikan, pogi sebagai organisasi pelopor di bidang kesehatan reproduksi menjunjung tinggi nilai dasar POGI. Sesuai AD/ART landasannya professionalisme, kepatuhan tata kelola dan integritas value yang kita tetapkan," urainya.

POGI Pusat sendiri menelurkan program one POGI untuk kesejahteraan anggota. Dengan one POGI, para anggota akan diminta iuran dengan mendapat 8 manfaat, yakni 4 gratis 2 bantuan dan 2 santunan. 

BACA JUGA:Stunting di Babel Berpotensi Naik

"Pogi juga menambah pokja yang dianggap penting yakni Pokja kesejahteraan dan kesejawatan, Pokja penurunan angka kanker serviks, pokja obsestri emergency dan pokja kolaborasi internasional," tutupnya.

Dalam pelantikan juga dihadiri sejumlah tamu undangan mulai dari Kepala Dinas Kesehatan Bangka Belitung, Ketua IDI Babel, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang serta tamu undangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: