TPD PMTK dan PGSD Unmuh Babel Latih Guru SD dan SMP Muhammadiyah Sungailiat

TPD PMTK dan PGSD Unmuh Babel Latih Guru SD dan SMP Muhammadiyah Sungailiat

TPD PMTK dan PGSD Unmuh Babel Bersama Guru SD dan SMP Muhammadiyah Sungailiat.--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT – Tim Pengabdian Dosen (TPD) Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika dan Dosen Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel), sukses melaksanakan tugas Pengabdian Dosen di SD Muhammadiyah SUNGAILIAT Kabupaten Bangka pada Rabu (19/10/20220) lalu.

Kegiatan pengabdian yang mengangkat tema “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru di SD Muhammadiyah Sungailiat” ini, menghadirkan narasumber sekaligus tim pengabdian, Rajab Vebrian, M.Pd., Iis Juniati Lathiifah, M.Pd., dan Vika Martahayu, S.Pd.I., M.Pd., dan mahasiswa Prodi PMTK Unmuh Babel.

BACA JUGA:PGSD Unmuh Babel Sukses Laksanakan Pengabdian Masyarakat di PAUD Azizah Pangkalpinang

Peserta yang hadir dalam kegiatan pengabdian Dosen UnMuh Babel ini berjumlah 30 orang, terdiri dari Kepala Sekolah SD dan SMP Muhammadiyah dan para guru tenaga pendidik. 

Melihat antusias peserta dalam pertemuan ini, tim dosen Unmuh Babel bersemangat menyampaikan materi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswanya.

BACA JUGA:Internasional Webinar Unmuh, Hadirkan Dosen Universitas Debrecen Hungaria

Melalui materi yang diberikan, para guru dilatih bersikap lebih profesional pada saat proses pembelajaran di kelas.

"Yang paling penting yaitu guru harus bisa jadi pendidik yang terdidik dan dapat ditiru oleh siswa sebagai role model yang baik,” ujar Rajab Vebrian didampingi anggota timnya.

BACA JUGA:KPM Gandeng LazisMu Unmuh Babel di Khitanan Istimewa

Ia mengingatkan, guru harus mampu memperbaiki proses pembelajaran terhadap apa yang terjadi di kelasnya, misalnya bagaimana kemampuan para siswa dalam menangkap materi yang diajarkan oleh gurunya.

“Kegiatan ini membahas bagaimana cara agar guru bisa menghasilkan sebuah proposal PTK mulai dari pencarian masalah, cara menulis proposal dari Bab-1 sampai dengan metode penelitiannya. “Harapannya semoga kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala, artinya pertemuan ini tidak hanya dilakukan sekali ini saja, agar guru-guru bisa mengembangkan lagi kemampuan dalam proses tindakan kelas dan kemampuan berkarya Ilmiah dengan baik,” tambahnya.

BACA JUGA:Prodi KSDA Unmuh Babel Ajak Kenali Potensi Mangrove di Pulau Kecil

Pihaknya optimis dengan kegiatan seperti ini, maka akan sangat membantu bagi para guru agar tetap menjadi contoh yang baik bagi peserta didiknya, baik secara teori maupun secara praktik dan bisa menciptakan sesuatu yang baru bagi sekolah dan masyarakat luas.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: