Puluhan Petahana Kades di Babar Tumbang, Ini Para Kades Terpilih

Puluhan Petahana Kades di Babar Tumbang, Ini Para Kades Terpilih

Idza Fajri--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Hasil perhitungan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 55 desa di Kabupaten Bangka Barat, calon petahana banyak tumbang.

Berdasarkan hitungan cepat Panitia Pilkades serentak tahun 2022, hanya 13 orang petahana yang berhasil meraih suara tertinggi, dari 41 petahana yang mencalonkan kembali.

"Rata-rata, dari 55 desa ada 41 incumbent yang mengikuti kompetisi, tapi yang terpilih hanya 13 orang, artian kisaran di tiga puluh persen incumbent yang terpilih kembali," ujar Kabid Pemerintahan Desa, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Babar, Idza Fajri, Kamis (27/10/22).

BACA JUGA:Bupati Babar dan Istri Ikut Nyoblos Pilkades di TPS 1 Desa Pusuk

Idza menyebutkan calon pemenang tersebut sesuai berdasarkan penghitungan cepat. Sementara pleno tingkat desa akan dilakukan besok, Jum'at (28/10/22).

Kemudian, menurut Idza dalam Pilkades serentak ini, partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya berkisar 75 persen.

BACA JUGA:Pilkades Babar Berjalan Damai dan Lancar, Bong Ming Ming : Kades yang Terpilih Jangan Mengecewakan Masyarakat

"Cukup tinggi, di atas tujuh puluh persen partisipasi. Pleno besok. Kalau perhitungan suara di tingkat TPS sudah selesai, hitungan cepat sudah selesai, suara sah yang masuk 73.137 dari DPT 98.503 orang," terangnya.

Lebih lanjut, Idza berharap 55 orang calon yang telah terpilih mudah-mudahan tidak bakal berubah lagi, walaupun pleno tingkat desa besok.

BACA JUGA:Pilkades Serentak, Pemkab Babar Keluarkan SE Libur Lokal

"Perhitungan ulang itu kemungkinan besar tidak akan ada, karena perhitungan ulang itu kan kalau kita menerima gugatan atau sengketa, tapi untuk sampai sekarang mudah-mudahan tidak ada, sampai sekarang belum ada gugatan," jelasnya.(**)

BACA JUGA:Bupati Sukirman Lepas Logistik dan Pergeseran Pengamanan Pilkades Babar

Berdasarkan perhitungan suara cepat, ini daftar calon Kepala Desa terpilih 

Kecamatan Muntok :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: