Nelayan Dibantu Kapal, Bupati Mulkan: Jangan Dipakai Menambang

Nelayan Dibantu Kapal, Bupati Mulkan: Jangan Dipakai Menambang

Bupati Mulkan secara simbolis menyerahkan alat tangkap kepada nelayan.--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT- Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Perikanan (Dinperkan) Kabupaten Bangka memberikan bantuan kepada para nelayan di Kabupaten Bangka. Bantuan berupa sarana dan prasana perikanan tangkap seperti kapal beserta mesin serta cherst freezer tersebut diserahkan lansung oleh Bupati Bangka Mulkan SH MH di Kantor Dinperkan Kabupaten Bangka, Kamis (6/10/2022).

Turut hadir, Wakil Ketua Komisi III DPRD Bangka, Hendra Yunus, Anggota, H. Suhandi serta Mardianto, Sekda Bangka Drs H Andi Hudirman, Kepala Dinperkan Kabupaten Bangka, Arman, Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat, Kepala KSOP Pangkal Balam, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati, SE serta Para Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Bangka.   

Bupati Bangka Mulkan mengatakan bantuan Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bangka berupa sarana dan prasarana penangkapan ikan tahun 2022, guna mendorong peningkatan hasil tangkap ikan. 

Pemerintah pusat dan juga kabupaten serta provinsi memiliki komitmen bersama untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat nelayan.

"Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat nelayan di daerah ini. Perahu ini jangan digunakan untuk menambang timah tetapi gunakanlah sesuai dengan peruntukannya," imbau Mulkan.

Sedangkan Kadinperkan Kabupaten Bangka, Drs. Arman mengatakan penyerahan sarana dan prasarana penangkapan ikan di Kabupaten Bangka dalam rangka wujud kepedulian pemerintah untuk membantu meningkatkan tarap hidup nelayan, sehingga diharapkan bantuan yang sudah diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan memperoleh hasil tangkapan yang lebih banyak.

Adapun, bantuan yang diberikan yakni paket kapal Fiberglass 3 GT sebanyak 5 unit kapal kemudian Gill Net, Coll Box dan GPS sebanyak 5 paket. Dan mesin tempel 9,8 PK sebanyak 45 unit.

Paket kapal dan mesin tempel  tersebut diberikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan perikanan tangkap, kesemuanya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022.   

Untuk bantuan cherst freezer sebanyak 2 unit yang bersumber dari dana APBN KKP RI tahun 2022 diberikan kepada kelompok pengelolahan dan pemanfaatan hasil perikanan.(**) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: