Atasi Blank Spot, Pemkab Babar Cover Dengan Jaringan Internet

Atasi Blank Spot, Pemkab Babar Cover Dengan Jaringan Internet

Arwendy--

MUNTOK - Mengatasi blank spot yang terjadi di 14 titik, Diskominfo Bangka Barat pada tahun 2022 ini telah memasang jaringan internet disejumlah titik yang mengalami blank spot.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Diskominfo Bangka Barat, Arwendy, di ruang kerjanya, Rabu (10/8).

"Jadi kita masang internet dulu, digitalisasi, nah sampai saat ini memang bagaimana masyarakat lebih luas lagi mendapatkan jaringan telepon nya artinya kita berupaya sekarang kerjasama dengan Telkomsel," ujarnya.

Adapun 14 daerah mengalami yang blank spot yakni, Pangkal Beras, Air Bulin, , Mislak, Limbung, Air Gantang, Sinar Surya, Kayu Arang, Tuik, Tanjung Nier, Rajek, Rumpis, Ibul/Belar, Sungai Buluh, Telak.

Dikatakannya, dari jaringan internet tersebut pihaknya dapat mencover daerah blank spot, walaupun belum merata secara keseluruhannya.

"Walaupun belum merata di desa itu sudah tercover semua jaringan internetnya, ini kita kerja sama dengan icon plus dan Telkom Indihome, kalau di Kelapa alhamdulillah semuanya sama dengan kecamatan Jebus rata-rata sudah tercover juga jaringan internet," ucapnya.

Arwendy menyebutkan dari enam kecamatan yang telah masuk koneksi internet, pihaknya baru menitikan pusatkan di instansi pemerintah terlebih dahulu.

"Jadi baik, Mentok, Jebus, Parittiga, Simpang Teritip, Tempilang kita untuk koneksi Internetnya ini progres kita sudah masuk jadi desa digitalisasi sudah tercakup semua didesa-desa itu untuk digitalisasi atau koneksi Internetnya. Walaupun di desa itu sendiri belum merata dan kita menitik pusatkan ke instansi pemerintahnya dulu, seperti kantor desa, di sekolah atau instansi pemerintah pendukung pelayanan kepada masyarakat dulu untuk tahun 2022 ini," terangnya.

Sedangkan untuk jaringan telekomunikasi, atas kerja sama Pemkab Babar dengan Telkomsel, Arwendy menyatakan pihak Telkomsel telah memasang menara combat sementara bertempat di Desa Kayu Arang dan kedepannya akan dipasang di daerah Rajek.

"Alhamdulillah minggu kemarin Telkomsel yang mana ini merupakan suatu kemajuan kerja sama pemkab Babar dengan Telkomsel, sudah memasang menara combat sementara bertepat di desa Kayu Arang, ini artinya didesa Kayu Arang memang kita sudah kita counter antisipasi dengan jaringan internet dan kita perkuat dengan adanya lagi menara combat yang mampu mencapai radius 3 km," bebernya.

Selain itu, Awendy menuturkan Desa Sinar Surya dan Telak juga telah ada penguatan jaringan.

"Sinar Surya itu luar biasa, bukan kategori blank spot lagi, kawasan Sinar Surya sudah ada towernya, kita sengaja datang kesana kita tes dekat kantor desanya, ada terjadi pengutan didesa Sinar Surya, Kecamatan Tempilang, dan telak, ini sudah dikatakan telah teratasi, di desa itu baru terjadi penguatan sinyal, saya turun langsung mengecek ini," ucapnya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: