230 Calon Akan Bertarung di Pilkades se-Babar

230 Calon Akan Bertarung di Pilkades se-Babar

BABELPOS.ID, MUNTOK - Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Bangka Barat telah mencapai proses penetapan nomor urut dan mulai pemutakhiran data pemilih.

Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Bangka Barat Idza Fajri, menyebutkan untuk proses tahapan penetapan nomor urut dilakukan masing-masing desa.

"Kalau untuk pilkades sudah tahapan calon dan penetapan nomor urut.

Proses pengundian dan penetapan calon dilakukan masing-masing desa dilakukan PPTDes (panitia pemilihan tingkat desa)," ujar Idza, Kamis (28/7).

Ia mengatakan dalam pilkades tahun 2022, bakal ada sekitar 230 calon yang akan bertarung, dari 55 desa yang menggelar Pilkades.

"Kemarin itu bakal calon itu sekitar 261, setelah disaring kalau gak salah ada 230 calon" bebernya.

Menurut Idza pemutakhiran data pemilih dilakukan untuk menghitung dan menetepakan jumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang ada disetiap desa dan diperkirakan akan rampung pada bulan September mendatang.

"Pemutakhiran data pemilih atau penetapan data pemilih tiap orang berapa desa itu, menghitung jumlah TPS dari data pemilih itu kita gunakan mengambil jumlah TPS nya berapa jumlahnya TPSnya yang siapkan," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan dalam pilkades ini, estinasi pemilih kurang lebih ada sekitar 90 hingga 100 ribu orang.

"Estimasi hampir seperti pilkada kurang lebih 90 -100 ribu orang. Kalau untuk mata pilih itu KTP desa setempat, artinya orang tidak ber KTP didesa setempat walaupun yang bersangkutan sudah tinggal di desa itu, untuk sementara ini belum bisa memilih kalau dia enggak ada KTP desa setempat, itu sesuai dengan aturan dari pemerintah pusat," tuturnya. (amd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: