53 Orang Ikut Test Tertulis Calon Anggota Bawaslu Bangka Belitung

53 Orang Ikut Test Tertulis Calon Anggota Bawaslu Bangka Belitung

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Sesuai prosedur sehari sebelum dilaksanakan test tertulis, kemarin Minggu (17/07/2022) dilakukan sterilisasi ruangan dan penyegelan tempat pelaksanaan test Computer Assisted Test (CAT) oleh Tim Seleksi (Timsel) Bawaslu Provinsi Bangka Belitung.

Ketua Timsel Bawaslu Dr H Iskandar, M.Hum mengatakan proses sterilisasi ruangan dan penyegelan tempat pelaksanaan test Computer Assisted Test (CAT) kemarin dihadiri oleh Ketua Timsel Dr Iskandar, Anggota Wahyu Gusna, Basit Sucipto, Kepala Sekretariat Bawaslu Roy Maryuna Siagian S.Sos M.Si  beserta Kepala UPT BKN Pangkalpinang Yanuar Wigianto.

BACA JUGA: Pendaftaran Ditutup, Sebanyak 61 Pelamar Bawaslu Bakal Bersaing

"Dan hari ini Senin (18/07/2022) dimulai dari jam 07.00 wib bagi peserta yang telah dinyatakan memenuhi kelengkapan syarat administrasi dilaksanakan test tertulis calon anggota bawaslu provinsi Bangka Belitung bertempat di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pangkalpinang di jalan M Saleh Zainudin, Air Salemba, Kecamatan Gabek, Pangkalpinang ungkap Iskandar.

BACA JUGA: 56 Peserta Calon Anggota Bawaslu Babel Ikuti Tes Tertulis dan Psikologi

Sementara itu, Anggota timsel Bawaslu Babel Wahyu Gusna mengatakan, dari 56 orang peserta yang berhak ikut test tertulis, ternyata hanya diikuti 53 orang, hal tersebut dikarenakan satu orang mengundurkan diri dan dua orang tidak hadir pada saat test berlangsung. Otomatis ketiga peserta tersebut dinyatakan gugur dan tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya.

BACA JUGA: Bawaslu Babel Uji Petik Daftar Pemilih Berkelanjutan

Wahyu menambahkan, Sebelum pelaksanaan test tertulis, para peserta tes calon anggota Bawaslu Babel wajib mengikuti beberapa tahapan sesuai prosedur standar yang ada. Dimulai dari pengecekan suhu tubuh, penyerahan makalah dari peserta dan penyerahan kartu peserta.

Kemudian dilanjutkan proses registrasi, pemeriksaan kelengkapan administrasi dan pemberian PIN kepada peserta.

BACA JUGA: Bawaslu Bateng Berikan Sosialisasi Pengawasan di SLBN Koba

Selanjutnya peserta meletakkan seluruh barang di loker masing-masing yang telah disediakan oleh BKN. Dilakukan body cheking sebelum peserta memasuki ruang tunggu untuk mendapatkan pengarahan dari timsel terkait pelaksanaan test tertulis, papar Wahyu.

Dan tahap terakhir untuk sesi Computer Assisted Test (CAT) adalah peserta masuk ke ruang test CAT dengan menunjukkan ID Card Peserta yang dicocokkan dengan KTP, Baru kemudian test tertulis dilaksanakan.

Dalam test yang dilaksanakan hari ini setiap peserta diberikan waktu 135 menit untuk menjawab pertanyaan pilihan ganda dan Essay yang menggunakan sistem CAT. Karena menggunakan sistem CAT, jadi hanya peserta yang mengetahui keseluruhan soal yang ada. Dan sampai berakhirnya test tertulis semua berjalan lancar sesuai yang diharapkan, jelasnya

Wahyu juga menyampaikan untuk test psikologi dilaksanakan pada hari Rabu (20/07/2022) bertempat di gedung LPMP Bangka Belitung yang akan diikuti oleh 53 peserta calon Bawaslu provinsi Bangka Belitung, pungkasnya (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: