490 Jamaah Haji Babel Kloter 4 dan 5 Telah 'Terbang' ke Makkah

490 Jamaah Haji Babel Kloter 4 dan 5 Telah 'Terbang' ke Makkah

PANGKALPINANG – Sebanyak 260 jamaah haji Babel termasuk petugas yang tergabung dalam Kelompok Terbang 4 (Belitung Timur, Belitung, Bangka Barat dan Pangkalpinang) yang dilepas Pj.Gubernur Babel, Ridwan Djamaludin dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Bangka Belitung, Selasa kemarin (28/06), tiba di Jeddah.

Menyusul kloter 4, giliran kloter 5 yang terdiri dari 230 jamaah dari Bangka Induk, Bangka Tengah dan Bangka Selatan dilepas oleh Sekda Bangka Belitung, Naziarto.

Para jamaah haji diterbangkan dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang untuk kemudian diterbangkan ke Jeddah Arab Saudi, Rabu (29/06).

Dalam arahannya Naziarto berharap para jamaah haji asal Babel mampu mencapai predikat haji mabrur dan mambruroh.

"Karena hanya haji dengan predikat inilah yang mampu menebarkan kebaikan, kemaslahatan dan menjaga peradaban masyarakat yang imani dan islami,” ujarnya.

Ia mendoakan seluruh jemaah haji Babel tahun ini diberikan kelancaran oleh Allah SWT dalam melaksanakan seluruh rukun ibadah haji wajib maupun sunah secara maksimal, sehat sampai kembali ke tanah air.

"Untuk mencapai harapan maksimal tersebut, maka perlu doa dan ikhtiar yakni salah satunya menjaga kesehatan diri dengan tetap menggunakan masker, mengkonsumsi buah dan makanan bergizi serta mengurangi kegiatan-kegiatan yang memang tidak berhubungan langsung dengan ibadah haji,” tambahnya.

Kakanwil Kementerian Agama Bangka Belitung Drs. H. Tumiran Ganefo, MH, mengucapkan terima kasih kepada PPIH Bangka Belitung beserta seluruh mitra kerjasama Kanwil Kemenag Babel lainnya yang telah berupaya memberikan layanan terbaik bagi tamu-tamu Allah SWT dari Babel di Tahun 2022.

”Jadi Insyaallah semua jamaah haji Babel nanti akan ditempatkan di Safwat Al Shroq Hotel. Ini sangat strategis dan memudahkan bagi para jamaah karena tidak terlalu jauh dari Ka`bah dan juga Masjidil Haram,” jelasnya tentang fasilitas bagi jamaah haji Babel di Makkah.

Pak Tum -sapaanya- juga menyampaikan rasa syukur dan bahagianya, karena kepercayaan pemerintah kepada Provinsi Babel ini untuk bisa memberikan pelayanan sepenuhnya dalam pelaksanaan Ibadah Haji, dengan adanya Asrama Haji Embarkasi Antara.

”Asrama Haji Embarkasi Antara ini membuat kita yang tergabung dalam PPIH Babel bisa memberikan pelayanan maksimal untuk pelaksanaan Ibadah Haji dimulai Tahun ini, jadi kita punya hak sesuai kebutuhan dan kemampuan kita mengelola karantina untuk pemberangkatan maupun kepulangan para Jamaah Haji Babel,” ungkapnya.

Sementara pada kesempatan yang sama Pj.Gubernur Babel, Ridwan Djamaludin juga mengajak kepada seluruh jamaah haji Bangka Belitung untuk mematuhi semua aturan yang telah diberikan pemerintah selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci termasuk dengan menjaga kekompakan didalam rombongan masing-masing. 

Pria yang akrab disapa “RD” ini mengajak kepada para Jemaah haji Babel untuk mensyukuri kesempatan yang telah Allah berikan ini pasca tertundanya penyelenggaraan ibadah haji selama 2 tahun terakhir akibat pandemi Covid-19.

"Karena diluar sana sebetulnya banyak orang berharta tetapi tidak semuanya pula bisa merasakan nikmatnya panggilan suci Allah SWT ini. Sehingga ini juga kesempatan langka yang bisa jadi hanya terjadi sekali seumur hidup. Rasa syukur inilah yang harus diemplementasikan dengan mensucikan hati dan pikiran selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci, sesuai tuntunan Al-Qur`an dan Sunnah," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: