Kolaborasi dengan Pemerintah, PT Timah Renovasi Rumah Warga Sungailiat

Kolaborasi dengan Pemerintah, PT Timah Renovasi Rumah Warga Sungailiat

BANGKA - PT Timah Tbk menyerahkan bantuan renovasi rumah warga Syamsiastuti (66) di Lingkungan Cokro, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Atap rumah Syamsiastuti sudah rusak akibat di makan usia, beberapa bagian sudah bolong sehingga setiap kali hujan rumahnya selalu basah.

Wanita 66 tahun ini juga menderita struk sehingga tak jarang saat hujan jika terlambat memindahkan dirinya kehujanan.

\"Sudah lama nenek struk, ada anak yang mengurusi. Rumah ini juga sudah lama rusak, atapnya bolong makanya ini banyak ember untuk menampung air hujan,\" katanya saat menerima bantuan dari PT Timah Tbk beberapa waktu lalu.

Baginya, tak ada pilihan lain selain bertahan di rumah ini karena keterbatasan ekonomi, sehingga mereka hanya bisa bertahan dengan keadaan dengan tetap waspada.

Ega, Putri Syamsiastuti menceritakan jika saat hujan mereka terpaksa harus tidur di kursi karena hampir semua bagian rumah sudah bolong atapnya.

\"Saya tidur di kursi karena memang sudah bocor semua, yang paling ngeri itu kalau hujan malam, ya jam 2 malam itulah saya ngepel. Kadang ada rasa was-was juga kalau buka pintu tengah malam. Tapi kalau enggak di pel airnya makin banyak,\" ujarnya.

Mereka sangat bersyukur dengan adanya bantuan dari PT Timah Tbk, sehingga rumah mereka bisa direnovasi.

\"Ya senang, Alhamdulillah semoga nanti kami tidak kehujanan lagi. Karena kasian juga dengan orang tua setiap hujan harus dipindah-pindah,\" katanya.

Sementara itu, Camat Sungailiat, Ramzi mengatakan, sebelumnya pemerintah daerah sudah memberikan bahan bangun seperti asbes dan kasau. Namun, karena keterbatasan anggaran sehingga mereka meminta dukungan PT Timah Tbk agar dapat merenovasi rumah warga.

\"Sebelumnya dari pemda sudah ada beberapa batang kasau dan asbes, tapi ini enggak cukup. Makanya kami berinisiatif mengajukan ke PT Timah Tbk, syukurnya PT Timah Tbk merespon ini dengan cepat sehingga renovasinya bisa dilanjutkan,\" ujaranya.

Menurutnya, rumah Syamsiastuti memang sangat layak dibantu, karena bagian atapnya yang memang sudah rusak parah.

\"Ibu nya stroke dengan kondisi rumah seperti ini sudah hampir roboh atapnya lapuk karena di makan usia, makanya kita optimalkan ini untuk cepat karena takut berbahaya juga apalagi sekarang lagi musim angin kencang,\" sebutnya.

Dirinya, mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah berkolaborasi dengan Pemerintah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Ia berharap, hal serupa dapat terus berlanjut sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu. (pas/rel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: