Peringati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58, Lapas Kelas IIA Pangkalpinang Gelar Vaksinasi Bagi Warga Binaan

Peringati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58, Lapas Kelas IIA Pangkalpinang Gelar Vaksinasi Bagi Warga Binaan

PANGKALPINANG - Memperingati Hari Bakti Permasyarakatan ke-58, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pangkalpinang menggelar vaksinasi covid-19 bagi warga binaan, Rabu (23/3/2022).

Kegiatan vaksinasi dipantau secara langsung Bareskrim Polri melalui via zoom dan dihadiri sejumlah pejabat diantaranya Kapolda Babel Irjen Pol Yan Sultra, Kakanwil Kemenkum HAM Babel T. Daniel Tobing, Kadiv Pas Agus Irianto, Kapolres AKBP Dwi Budi Murtiono, Ketua Satgas Covid Babel Mikron Antariksa dan sejumlah Kepala UPT pemasyarakatan.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Pangkalpinang, Badaruddin, menyebut vaksinasi ini sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah terkait percepatan vaksinasi covid-19 khususnya di lingkungan lapas dalam rangka meminimalisir penyebaran covid-19.

Saat ini, kata Badarudin, capaian vaksin pertama dan kedua di Lapas Kelas IIA Pangkalpinang sudah mencapai 95 persen dan vaksin ketiga atau booster baru 25 persen.

\"Vaksin booster ini memang baru sedikit, karena kebetulan alat suntilnya habis, besok kita lanjutkan lagi, sehingga harapan kita semua warga binaan sudah divaksinasi lengkap,\" katanya.

Badarudin mengatakan, dalam percepatan vaksinasi ini, pihaknya selalu berkoordinasi dengan beberapa pihak, salah satunya Dinas Kesehatan Lota Pangkalpinang.

\"Kami selalu berkoordinasi dengan Polres pangkalpinang, kemudian berkoordinasi juga dengan Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, melalui Puskesmas Gerunggang. Sehingga semua warga binaan dapat melakukan vaksinasi, Jauh-jauh hari sudah kita sampaikan, sekian orang yang belum tervaksin sehingga, Dinas Kesehatan Kota bisa menyediakan alat vaksin nya itu, kita usahakan semaksimal mungkin agar semua warga binaan tervaksin,\" tegas Badarudinm

Sementara Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP) Dodi Wijaya menambahkan, dalam rangka memperingati HUT Pemasyarakatan yang ke-58, pihaknya melakukan beberapa rangkaian kegiatan. Selain vaksinasi, katanya, juga ada event-event yang di perlombakan.

\"Untuk kegiatan Hari Bakti Pemasyarakatan ada beberapa rangkaian kegiatan, kita mengacu dari pusat banyak kegiatan yang memang di UPT di wilayah itu, harus melaksanakan juga, contohnya pada saat hari ini kita adakan vaksin booster untuk warga binaan dan petugas UPT Pemasyarakatan di Kota pangkalpinang berpapasan dengan Bapas dan LPKA tadi sudah dijelaskan sama kalapas untuk pelaksanaan booster hari ini, dan persentasenya. Disini ada beberapa kegiatan seperti nanti ada safari ramadhan, itu mungkin dari kantor wilayah melaksanakan monitoring ke UPT yang ada di Bangka Belitung ini, terus sebelum safari ramadan ya, kita ada fun olahraga khusus warga binaan, waktunya nanti akan kita sesuaikan, seperti vaksin ini kita mengejar untuk ke 100 persennya, kalo bisa seluruhnya sudah di vaksin booster sampai mereka pulang nanti sudah menerima sertifikat vaksin booster yang ke tiga,\" tandas Dodi sembari menambahkan puncak Hari Bakti Pemasyarakatan akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia pada 27 April mendatang yang ditandai dengan upacara. (pas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: