Pilkades Juni Mendatang, DinsosPMD Siapkan Dana Rp800 Juta

Pilkades Juni Mendatang, DinsosPMD Siapkan Dana Rp800 Juta

KOBA - Sebanyak 29 Desa di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 22 Juni 2022 mendatang.

Adapun 29 desa yang akan mengikuti Pilkades tersebut, terdiri dari 5 desa di Kecamatan Lubuk Besar, 2 desa di Kecamatan Koba, 4 desa di Kecamatan Namang, 5 desa di Kecamatan Pangkalanbaru, 5 desa di Kecamatan Simpangkatis dan 8 desa di Kecamatan Sungaiselan.

Kepala Dinas Sosial, Pemerintahan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Tengah, Padlillah mengungkapkan Pemkab Bangka Tengah menyiapkan dana sekitar Rp800 juta yang berasal dari APBD tahun 2022 untuk Pilkades mendatang.

Menurutnya jumlah tersebut terbilang cukup kecil, jika dibandingkan dengan dana pilkades di Kabupaten lainnya yang mencapai angka Rp3,5 miliar.

\"Untuk anggaran kotak suara, bilik suara dan kertas suara kita menggunakan dana APBD di DinsosPMD,\" ungkap Padlillah, Senin (4/4/2022).

Sedangkan, untuk anggaran lainnya didukung oleh dana APBdes dari masing-masing desa tergantung dengan jumlah TPS yang ada di desa tersebut.

\"Kalau dirata-ratakan, dana yang dikeluarkan setiap desa sekitar 30 jutaan, tergantung jumlah TPS-nya dan semoga pelaksanaan pilkades ini tetap berjalan lancar, meskipun menggunakan dana yang terbatas,\" tututnya.

Mengingat masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, ia berpesan kepada calon kades untuk tidak berlebihan dalam melakukan kampanye.

\"Untuk waktu kampanye hanya kita batasi selama 3 hari mendekati waktu pemungutan suara dan itupun tidak boleh ada kegiatan yang mengumpulkan masa dalam jumlah besar,\" terangnya.

\"Oleh karena itu, kegiatan kampanye hanya dibatasi maksimal 50 orang melalui kegiatan sosialisasi penyampaian visi misi dan sejenisnya dan saya harap setidaknya 80 persen masyarakat desa, bisa ikut andil dan berpartisipasi dalam pilkades tahun 2022 ini,\" imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: