Usai Lebaran, Pedagang Koba Gelar Pasar Tumpah, Harga Cabai 60 Ribu, Stok Bawang Kosong

Usai Lebaran, Pedagang Koba Gelar Pasar Tumpah, Harga Cabai 60 Ribu, Stok Bawang Kosong

KOBA - Usai lebaran idul fitri 1443 Hijriah, Pasar Modern Koba terpantau masih tutup dan nampak lenggang. Namun, sebagian pedagang masih ada yang berjualan dengan alternatif membuka pasar tumpah atau dadakan.

Berdasarkan pantauan Babel Pos, pasar dadakan ini sudah diburu pembeli sejak pagi hari, tetapi pedagang ayam, daging, maupun makanan laut atau Sea Food memang nampak tidak berjualan.Bahkan stok bawang putih maupun bawang merah kosong, meski masih ada pedagang yang memiliki stok bawang putih, itupun tidak banyak.

Sedangkan untuk harga bahan pangan diketahui mengalami penurunan, seperti harga cabai rawit yang sebelumnya Rp80 ribu per kg, sekarang berada diangka Rp60 ribu per kg, kemudian cabai panjang yang sebelumnya Rp70 ribu per kg, saat ini turun menjadi Rp60 ribu per kg.

Salah satu pedagang, Iskandar yang sudah menjadi pedagang selama puluhan tahun mengaku pasar tumpah atau dadakan ini memang baru buka 3 hari usai lebaran.

\"Pasar Modern Koba ini memang masih tutup, Insyaallah kembali buka dan aktif besok. Sehingga alternatif yang bisa dilakukan, yakni membuka pasar tumpah dan memang rutin dilakukan setiap tahun,\" ujarnya kepada Babel Pos, Kamis (5/5/2022).

Dikatakan Iskandar meski stok pangan belum banyak dan menipis, tetapi antusias pembeli masih banyak, sedangkan untuk harga bahan pangan usai lebaran memang menurun.

\"Alhamdulillah untuk pembeli lumayan ramai dan harga bahan pangan ini memang mengalami penurunan, tapi stok yang ada juga menipis, karena belum datang,\" tuturnya.

Sementara itu, salah satu pembeli Dewi mengatakan sedikit mengalami kesulitan dalam berbelanja bahan pangan, karena Pasar Modern Koba terpantau masih belum aktif seperti hari-hari biasanya.

\"Memang agak kesulitan dalam berbelanja, karena Pasar Modern Koba masih tutup, tapi lumayan terbantu dengan adanya pasar tumpah atau dadakan yang berada di luar pasar Koba itu sendiri,\" ujar Dewi.

\"Meskipun saya akui tidak semua kebutuhan tersedia, tapi untuk bahan masakan hari ini Insyaallah cukup dan memang stok seperti bawang merah tidak ada, sedangkan bawang putih masih ada tapi mahal dan untuk sayuran juga mahal, tapi wajarlah karena habis lebaran, jadi stabil saja untuk harga,\" sambungnya.

Dewi menyebut ia dan keluarga sudah bosan dengan menu khas lebaran, seperti rendang dan lainnya, sehingga memilih untuk berbelanja sayur mayur.

\"Sudah bosan dengan menu lebaran, mau menetralisir makanan yang berminyak-minyak kemarin, jadi hari ini mau masak lempah darat, karena kalau orang Bangka memang habis lebaran maunya yang lempah-lempah,\" imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: