Bappebti dan ICDX Ingatkan Pentingnya Kepatuhan Perusahaan Pialang Berjangka

Selasa 01-10-2024,11:44 WIB
Reporter : Lia
Editor : Jal

BABELPOS.ID - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) melihat pentingnya pengawasan kepatuhan secara menyeluruh dalam industri perdagangan berjangka komoditi, khususnya bagi perusahaan pialang berjangka.

Pengawasan ini meliputi pengawasan atas kepatuhan kegiatan, pengawasan kepatuhan integritas keuangan, pengawasan kepatuhan atas transaksi dan pelaksanaan audit. Pengawasan ini dilakukan dalam upaya untuk membangun kepercayaan masyarakat terkait industri perdagangan berjangka komoditi.  

Demikian disampaikan Widiastuti, Kepala Biro Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi, Sistem Resi Gudang dan Pasar Lelang Komoditas Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), disela-sela kegiatan Sosialisasi Peraturan Bappebti No 7 Tahun 2024 tentang Kewajiban Pelaporan Keuangan dan Ketentuan Modal Bersih disesuaikan bagi Pialang Berjangka serta pelatihan E-Reporting Bappebti, yang diselenggarakan Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)  dan Indonesia Clearing House (ICH) Jakarta, Senin 30 September 2024.

BACA JUGA:Badai Francine, Transaksi Minyak Mentah di ICDX Melonjak

BACA JUGA:Kontrak Emas Jadi Primadona Pasar Transaksi Multilateral di ICDX

Widiastuti menambahkan, sebagai upaya strategis, selain dengan pengawasan secara berkala dan rutin secara harian, bulanan dan triwulan, dan tahunan. Bappebti juga melakukan pengawasan secara on site dan off site. Penetapan pengawasan secara onsite dilihat dari peta risiko perusahaan.

"Harapan Bappebti, semua pialang berjangka memenuhi kepatuhan atas ketentuan yang berlaku. Untuk itu, Bappebti dalam hal ini biro pengawasan PBK, SRG, dan PLK sangat terbuka bagi para pialang berjangka yang memerlukan konsultasi, pelatihan terkait pelaporan dan kewajiban kewajiban atas aturan yang berlaku baik dari kegiatan, transaksi, audit dan integritas keuangan," tambahnya.

BACA JUGA:ICDX Gelar Kelas Jurnalis tentang Perdagangan Emas di Bursa

BACA JUGA:ICDX Kerjasama dengan Uzbek Commodity Exchange

Sementara itu, Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama ICDX mengatakan, pihaknya mendukung penuh upaya Bappebti terkait pengawasan atas kepatuhan Perusahaan pialang berjangka. Hal ini karena ICDX melihat bahwa industri perdagangan berjangka komoditi sangat bergantung pada kepercayaan masyarakat, dan kepatuhan terkait regulasi ini merupakan bagian penting terkait integritas dari perusahaan pialang berjangka. 

"Saat ini, di ICDX terdapat 40 Perusahaan pialang berjangka yang menjadi anggota bursa, dan kegiatan pelatihan pelaporan ini akan kami jalankan secara berkala," ungkap Fajar Wibhiyadi. 

Peraturan Bappebti No 7 Tahun 2024 tentang Kewajiban Pelaporan Keuangan dan Ketentuan Modal Bersih disesuaikan bagi Pialang Berjangka sendiri berisi tentang Ketentuan mengenai modal bersih disesuaikan, tata cara pelaporan modal bersih disesuaikan, dan tata cara penyusunan laporan rekening terpisah. 

BACA JUGA:Segini Notional Value Transaksi ICDX

BACA JUGA:Bappebti Dorong Transformasi Digital Industri PBK, ICDX Sebut Perlunya Digitalisasi Ekosistem

Kategori :