Emak-emak Minta Tambang Tembelok Tetap Jalan

Sabtu 28-09-2024,21:57 WIB
Reporter : Husni
Editor : Jal

BABELPOS.ID, MENTOK - Ratusan penambang, panitia dan pedagang serta masyarakat berkumpul guna mendengarkan imbauan dari Forum Pimpinan Kecamatan Mentok Sabtu (28/9/2024) pagi di pantai Tembelok lokasi tambang apung selam.

Hairil Mading warga Keranggan mengungkapkan penambang timah dan pedagang yang beraktivitas di wilayah itu hanya karena kebutuhan untuk makan.

"Kita ini susah, lihatlah emak-emak di pasar itu dagang kue saja nggak laku. Makan apa kita, Maling tidak, kami hanya mau makan, hanya legalitas kita tidak punya. Cuma kita jaga tetap kondusif, tapi kalau ditutup kami nggak mau. Intinya kami ikut aturan hukum, hanya legalitas tidak ada, tapi kita kondusif. Andai kami tidak kondusif, siap kami disanksi," ungkapnya.

BACA JUGA:Wah, Pemasangan Reklame Rusak Aset Masjid Kubah Timah

Senada dikatakan Indah, warga Mentok Asin. Dia meminta agar tambang di perairan Tembelok - Keranggan jangan ditutup.

"Minta tolong jangan ditutup, kami mau kerja, kami mau makan. Kalau TI ini ditutup kami makan apa?" kata Indah.

Sementara Ratna Situmorang, warga Keranggan juga menyampaikan keluh kesahnya.

"Kami menyampaikan keluhan di sini. Kalau TI ini ditutup bapak-bapak jadi pencuri, mamak-mamak jadi bingung. Hidup susah banyak hutang bisa gantung diri. Di sini ada harta karun, kami mau makan. Tolong jangan ditutup," teriaknya dengan Toa.

BACA JUGA:Outlet Amanda Brownies ke-134 Hadir di Pangkalpinang

Salah satu pemilik ponton, Ibu Turah, mengancam akan mendatangi rumah Kapolsek, Danramil dan Camat Mentok untuk meminta makan.

"Saya kerja di ponton. Misal ditutup, kami semua ke rumah bapak. ke rumah bapak polisi, pak tentara, ke rumah ibu camat, kami mau makan. Jadi saya minta jangan ditutup pak, ya? Modalnya besar itu pak. Pokoknya kalau ditutup, tiap hari saya dan semua warga datang ke rumah ibu camat minta makan," teriaknya.

"Kita punya warung ayam penyet Mbah Gendut, sepi Pak. Senin sampai Jumat sepi pak. Jadi saya pindah ke sini, baru naik omzetnya," imbuh dia.

BACA JUGA:Forkopimcam Himbau Penambang Kosongkan Tembelok

Emak-emak lainnya, Zainab, sebagai masyarakat Keranggan Atas dan Tembelok meminta agar penambangan di perairan itu tetap dibuka.

"Tolong dibuka lah pak, jangan ditutup. Selama ini yang jualan kue, yang jualan nasi, jualan apapun warung apapun sepi pak. Kami merasakan baru di sinilah merasakan enak jualan. Kami harap dibuka pak, ya? Jangan ditutup, di sinilah mata pencaharian kita," kata dia.

Kategori :