Defisit APBD, Sampah Sungailiat Menggunung di TPA, DLH Cari Sumbangan Duit BBM

Kamis 26-09-2024,20:04 WIB
Reporter : Yudi
Editor : Jal

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Penumpukan sampah yang menggunung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kenanga, Sungailiat, sudah sangat mengkhawatirkan Penjabat Bupati Bangka Muhammad Haris. Oleh karena itu ia memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengambil langkah cepat untuk penanganannya.

"Untuk mengatasi hal tersebut maka digelar rapat untuk membahas penangan sampah di TPA dan juga menindaklanjuti kunjungan saya beberapa hari kemarin dan sekaligus membahas langkah yang diambil," ujar Haris usai memimpin rapat dengan jajaran DLH Bangka, Kamis, 26 September 2024.

Menurut Haris, dengan kondisi keuangan saat ini, Pemkab Bangka kekurangan anggaraan dan BBM untuk operasi alat berat sehingga butuh bantuan pihak swasta dan rekanan yang lain.

"Alhamdulillah banyak yang membantu kita setelah tadi kita koordinasikan, mulai besok petugas akan kembali melakukan kembali operasional alat berat dan lainnya," tambahnya. 

BACA JUGA:Volounteer PLN UPK Babel Bersama Masyarakat Bersihkan Sampah di Pantai Karang Emas Air Anyir

BACA JUGA:Peringati HPSN, PJ Bupati Haris Ajak Kelola Sampah Mulai dari Keluarga

Kepala DLH Bangka Ismir Rahmaddinianto mengatakan pihaknya mencari langkah strategi dengan penambahan operasional di lapangan serta meminta bantuan perusahaan-perusahan swasta untuk membantu alat berat serta Bahan Bakar Minyak (BBM).

:Kondisi yang terjadi sekarang ini sampah di TPA mengalami penumpukan bahkan sampah -sampah hampir ke jalan, maka pak Pj Bupati beserta jajaran mengambil langkah strategis, yakni operasional ditambah dan bantuan alat berat serta BBM dari beberapa perusahaan di daerah ini," ujarnya.

Penggunaan alat berat, kata Ismir, dengan harapan sampah yang sudah menggunung tersebut bisa didorong ke belakang arah kolong sehingga tidak terjadi penumpukan di areal TPA.

"Sampah- sampah yang menggunung tersebut dan kita dorong bantuan alat berat ke belakang sekalian bisa nutup kolong-kolong, sehingga sampah yang nantinya masuk bisa leluasa kembali," tambahnya. 

BACA JUGA:Anak-anak TK dan KB Aisyiyah Sungailiat Pungut Sampah di Pantai Matras

BACA JUGA:PT Timah Tbk Bersama Lanal Babel Bersihkan Pantai Muara Tengkorak, Kumpulkan Satu Ton Sampah

Kategori :