PT Timah Gelar Pelatihan Budidaya Bawang Merah di Belitung Timur

Rabu 18-09-2024,20:09 WIB
Reporter : Agus Putra
Editor : Govin

//Penyuluh Pertanian: Jawaban Atas Permasalahan yang Dihadapi Petani 

BABELPOS.ID, BELITUNG - PT Timah terus membina anggota kelompok Tani Bina Tani Desa Gantung, Kabupaten Belitung Timur untuk melakukan budidaya bawang merah di Danau Nujau, Dusun Gangse.

Kali ini, PT Timah menggelar program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat PT Timah dengan melaksanakan pelatihan bawang merah bina tani dengan melibatkan Kelompok Tani Bina Tani Desa Gantung pada 16-18 September 2024.

Berkolaborasi dengan Universitas Muhadi Setiabudi PT Timah memberikan pelatihan tentang budidaya bawang merah untuk meningkatkan wawasan para petani bawang merah di Desa Gantung, Belitung Timur.

BACA JUGA:Punya Museum Batu Bara, PT Bukit Asam Studi Tiru ke Museum Timah Pangkalpinang

Sebelumnya, PT Timah berkolaborasi dengan Kelompok Tani Bina Tani telah berkolaborasi dalam penanaman bawang merah di Kawasan Danau Nujau. Program ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan menekan inflasi.

Salah satu peserta pelatihan, Dedi Junaidi dari Dusun Ganse mengatakan, anggota kelompok mereka sangat antusias mengikuti pelatihan budidaya bawang merah.

Bahkan mereka berharap pelatihan ini dilaksanakan secara berkelanjutan, karena dengan adanya kegiatan ini mereka mendapatkan banyak wawasan baru tentang budidaya bawang merah.

BACA JUGA:BRIS Konsisten Menguat, Sempat Sentuh ATH di Level Rp3.180

"Alhamdulillah antusias sangat luar biasa, bahkan banyak yang berharap ini berkelanjutan.

Kami sudah lama melakukan budidaya bawang merah ini sejak lama bahkan masih saat Gubernur Babel Pak Hudarni Rani dulu, tapi memang ada kendala karena kondisi tanahnya," ucapnya dalam keterangan resmi yang diterima Babel Pos, Rabu (18/9/2024). 

Dirinya mencontohkan kendala yang dihadapi diantaranya permodalan, karena budidaya bawang merah membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Untuk bibit saja mereka harus mengeluarkan banyak modal.

BACA JUGA:KPU Bangka Terima 926 Kotak Suara Pilkada

"Prospek petani bawang sebenarnya cukup menjanjikan, apalagi kami dibina PT Timah sekarang. Hasil panen kemarin 1 hektar dengan bibit 8 kuintal menghasilkan 6 ton.

Kategori :