Jaga Lingkungan, HIMASERDA Unmuh Babel Bersihkan Saluran Irigasi Desa Namang

Senin 16-09-2024,10:58 WIB
Reporter : Yulia
Editor : Govin

BABELPOS.ID, NAMANG - Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumber Daya Alam (HIMASERDA) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) bekerja sama dengan Perangkat Desa Namang menyelenggarakan kegiatan bersih-bersih sampah di saluran irigasi Desa Namang.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjaga kebersihan dan kelancaran aliran air yang sangat penting bagi para petani setempat, khususnya dalam menghadapi musim penghujan yang akan datang.

Ketua HIMASERDA, Giva Lihin, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin HIMASERDA yang bertujuan untuk mengurangi volume sampah di saluran irigasi, yang selama ini berpotensi menyumbat aliran air dan mencemari sumber air untuk persawahan. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Namang, khususnya para petani. HIMASERDA akan terus berupaya untuk menjaga kelestarian lingkungan, dan menciptakan kawasan yang asri serta bebas dari sampah," ungkap Giva, Minggu (15/9/2024).

Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk dari Dosen Pembina HIMASERDA, Randi Syafutra.

Randi mengungkapkan rasa bangganya terhadap inisiatif yang diambil oleh HIMASERDA dalam menjaga lingkungan. 

"Saya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa ini. Ini merupakan langkah nyata dalam menjaga ekosistem yang ada. Saya berharap kegiatan HIMASERDA seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan, minimal sebulan sekali," ujar Randi.

Dikatakan Randi, selain sebagai bentuk kepedulian lingkungan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Namang tentang pentingnya menjaga kebersihan saluran air dari sampah. 

"Terutama, keberadaan sampah di saluran irigasi dapat berdampak buruk pada kualitas air yang digunakan untuk pertanian, yang merupakan sumber mata pencaharian utama masyarakat Desa Namang," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Namang, Zaiwan menilai kegiatan seperti ini sangat penting untuk menjaga irigasi tetap bersih dan berfungsi dengan baik. 

"Mudah-mudahan kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin, baik oleh mahasiswa maupun masyarakat sekitar, guna memastikan aliran air tetap lancar dan bebas dari pencemaran," tuturnya. 

Ia juga berharap, dengan keterlibatan HIMASERDA juga dapat menjadi inspirasi bagi kelompok pemuda lainnya untuk turut serta dalam aksi nyata menjaga kelestarian alam dan lingkungan di Bangka Belitung.

Di akhir kegiatan, para peserta membersihkan sampah-sampah plastik, daun-daun kering, dan berbagai jenis limbah yang tersangkut di saluran irigasi. Sampah yang terkumpul kemudian dibawa ke tempat pembuangan yang telah disediakan oleh pihak desa. 

Aksi bersih-bersih ini diakhiri dengan diskusi bersama perangkat desa mengenai pentingnya kesadaran kolektif dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan ini sekaligus menjadi bukti nyata kontribusi HIMASERDA dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan di Kabupaten Bangka Tengah. 

Kategori :