Tuntutan Warga Bedengung Pecat Kades, Kepala Inspektorat Beberkan Fakta Ini

Jumat 06-09-2024,15:34 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Govin

BABELPOS.ID, TOBOALI - Demo warga desa Bedengung Kabupaten Bangka Selatan (Basel) ke kantor Bupati yang menuntut agar Bupati Basel segera pecat Kades Bedengung Amrullah karena telah melakukan tindak korupsi menggunakan anggaran desa untuk kepentingan pribadi.

Sekitar 300 an warga Bedengung memadati kantor Bupati dengan membawa beragam tulisan yang intinya mereka menginginkan agar Kades Bedengung segera di pecat.

BACA JUGA:Dua Residivis Ditangkap Satresnarkoba Polresta Pangkalpinang, 31 Paket Sabu Siap Edar Disita

Kepala Inspektorat Basel Mulyono saat beraudensi dengan perwakilan masyarakat mengungkapkan, berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) apa yang menjadi laporan warga tersebut benar dan inspektorat juga sudah memerintahkan untuk mengembalikan uang tersebut.

"Kita (Inspektorat red) sudah menyuruh mengembalikan uang tersebut, jika perintah tersebut tidak di laksanakan atau membelikan dengan barang lainnya tentu saja hal itu salah," ucapnya, Jum'at (06/09).

BACA JUGA:Kolaborasi ITB, Pemprov Babel dan PT. Timah Dalam Pengembangan Potensi Geowisata di Pulau Bangka

Dikatakannya, untuk sanksi saat ini sedang di kaji oleh Dinas Pemdes maupun Camat dan hasilnya nanti akan di laporkan ke pimpinan, selanjutnya Bupati yang akan memutuskannya.

Mengenai sanksi juga berdasarkan aturan ada sanksi ringan, sedang dan berat, bahkan pemecatan apabila terbukti melakukan pelanggaran.

"Oleh sebab itu, semua butuh proses dan Bupati lah yang memutuskannya seperti apa langkah yang diambil nantinya," terangnya.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Babel Paparkan Capaian Kinerja di Rakor Ditjen Kekayaan Intelektual

Sementara itu, Sekdes Bedengung Abu Bakar menyampaikan, rekomendasi LHP Inspektorat Basel yang memerintahkan kades untuk mengembalikan uang yang dipakai, namun hingga saat ini belum masuk ke kas desa.

"Kades malah membelanjakan uang tersebut untuk membeli umbul-umbul, baju linmas dan pakaian karang taruna," ujarnya 

BACA JUGA:Ratusan Warga Bedengung Geruduk Kantor Bupati, Mereka Tuntut Ini ke Pemkab Basel

Oleh sebab itu, masyarakat Bedengung meminta kepada Bupati agar Kades Amrullah ini segera di pecat sebagai Kades, karena bukti - bukti ini sudah jelas.

"Jangan sampai pemerintah mempertahankan Kades yang nyata - nyata telah melakukan penggunaan anggaran desa untuk kepentingan pribadi ini hanya di biarkan saja," pungkasnya.

Kategori :