Kadivpas Ingatkan Pegawai Tak Terlibat Politik Praktis Jelang Pilkada 2024

Sabtu 17-08-2024,11:46 WIB
Reporter : Agus Putra
Editor : Govin

//Jadi Irup HUT RI ke-79 di Lapas Pangkalpinang

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bangka Belitung, Kunrat Kasmiri, menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-79 di Lapas Pangkalpinang, Sabtu (17/8/2024). 

Upacara yang dihadiri oleh jajaran Kanwil, Imigrasi, Balai Pemasyarakatan (Bapas) dan Rupbasan, beserta  seluruh Petugas Lapas Pangkalpinang yang berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat kebangsaan.

BACA JUGA:Damkar PT Timah Siaga Bantu Tangani Kebakaran di Wilayah Operasional, Ini Kontaknya

Dalam kesempatan ini, Kadivpas membacakan amanat Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yassona H. Laoly. Dalam amanatnya, Menkumham menyampaikan tema yang diusung dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI adalah “Nusantara Baru Indonesia Maju” 

BACA JUGA:Paripurna Mendengar Pidato Presiden, Ini Pesan Ketua DPRD Babar

"Tema ini bukan sekedar kalimat retoris, tetapi penuh akan makna yang mendalam. Ini adalah seruan untuk membangun pondasi kokoh bagi masa depan bangsa kita," kutipan amanat Menkumham yang disampaikan oleh Kunrat.

Saat ini, kata Kunrat, masyarakat sudah berada di ambang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Untuk itu perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya dan ini momen penting bagi demokrasi, pastikan proses berlangsung secara jujur, adil dan bermartabat.

BACA JUGA:Cek Harga, Pj Wako Budi Temui Langsung Pedagang Pasar Pagi

“Kita sebagai Aparatur Sipil Negara, saya tekankan agar tidak terlibat dalam politik praktis atau berafiliasi dengan partai politik manapun, khususnya dalam penegakan hukum dan HAM,” tegas Kunrat dalam amanat.

Selain itu, sebagai wujud keberpihakan kepada keadilan sosial, pemerintah memberikan perhatian khusus mengenai pemberian Remisi kepada Narapidana. Sebanyak 176.984 Narapidana, terdiri dari 175.728 Narapidana umum dan 1.256 orang anak binaan.

BACA JUGA:Pj Ketua TP PKK Pangkalpinang Ajak Sukseskan Imunisasi Polio dengan Mendatangi Posyandu

“Di Hari Kemerdekaan RI ke-79 ini, saya ucapkan selamat kepada seluruh Warga Binaan yang mendapatkan Remisi, jadilah manusia mandiri seutuhnya yang bermanfaat bagi masyarakat,” pesan Menkumham yang disampaikan Kunrat.

Di akhir amanat, Menkumham mengajak terus berinovasi, beradaptasi dan berusaha mewujudkan cita-cita bangsa dan Negara. Seperti kata bapak Proklamator “ Bergandeng tangan untuk menuju masa depan yang lebih baik”

“Dengan semangat perjuangan dan cinta tanah air, mari kita wujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju,” ajaknya.

Kategori :