Mulya Nopriansyah Raih Gelar Master Hukum, "Kami Terkesan MH UBB Ajarkan Hukum Progresif"

Sabtu 17-08-2024,10:42 WIB
Reporter : Agus Putra
Editor : Govin

BABELPOS.ID, BANGKA - Mulya Nopriansyah raih gelar Master Hukum (MH) dengan masa studi 1 tahun 11 bulan di Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung. Perayaan yudisium angkatan pertama tersebut berhasil diikuti oleh 24 mahasiswa, Jumat (16/8/2024). 

Mulya Nopriansyah terkesan menyebutkan MH UBB mengajarkan hukum progresif dan banyak memperoleh ilmu dalam bidang keilmuan hukum. 

BACA JUGA:Benarkah Ngopi Berlebihan Bikin Jantungan?

"Banyak pengalaman positif yang saya dapatkan yang berawal dari dibukanya program ini, saya mendapatkan teman dan kenalan baru dan tentunya tidak hanya menjadi teman di dalam menjalani perkuliahan tetapi menjadi teman juga dalam organisasi yang kami bentuk dengan nama HIMMAPRO (Himpunan Mahasiswa Magister Hukum Progresif)," ungkapnya saat diwawancara usai yudisium. 

Ia mengaku bahwa HIMMAPRO menjadi teman dalam bertukar pikiran, karena latar belakang mahasiswa MH UBB merupakan orang-orang luar biasa yang datang dari berbagai macam instansi yang mengusai bidang keilmuan hukum yang berbeda-beda dan non hukum. 

BACA JUGA:Striker Napoli Ini Tolak Chelsea Demi PSG

"Saya semakin semangat dan antusias menjalani proses perkuliahan, terlebih dari ilmu  hukum progresif yang diajarkan dalam ilmu hukum yang berlaku di masyarakat," katanya. 

Menurut Mulya, Hukum Progresif selaras dengan nilai 'Keadilan dan Hati Nurani' yang memainkan peranan penting untuk mengambil Kebijakan dalam suatu keputusan hukum sebagaimana pemikiran Prof. Satjipto Rahardjo. 

BACA JUGA:Jika Diberi Amanah, dr. Hakim akan Merdekakan Pangkalpinang dari Stunting Secara Nyata

"Hukum Progresif itu mengarahkan dirinya untuk berpikir kreatif yang dituntun dengan nilai ketuhanan, nurani, utilaritarian, dan deep ecology sehingga hukum dapat mencerminkan rasa keadilan dari sikap berani, peduli memiliki sikap jujur dan empati pada nilai kebenaran dan keadilan," jelasnya dengan semangat tentang hukum progresif. 

Selain itu, menurutnya, dosen program studi MH UBB yang berlatar belakang S3 di universitas terkemuka dan profesor dari berbagai disiplin ilmu di Indonesia membuat nuansa perkuliahan ini semakin menarik dan ilmu yang didapat semakin berkembang. 

BACA JUGA:Kinerja RSUD Depati Bahrin Dievaluasi BPKP Babel

"Dari segi Akreditasi saya tidak meragukan lagi, karena Program MH UBB merupakan Program yang berada pada Universitas Negeri di Propinsi Kep.

Bangka Belitung sehingga saya yakin bahwa ini adalah pilihan terbaik untuk mencari Ilmu bukan sekedar mencari Gelar Magister," tambahnya. 

Dalam waktu dekat program MH UBB sedang berproses menuju akreditasi 'Baik Sekali' sejalan dengan SE Menpan RB Nomor 28 Tahun 2021 Tentang Pengembangan Kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil melalui Jalur Pendidikan.

Kategori :