Kunjungi Kemenag Pangkalpinang, PJ. Walikota Siap Bersinergi Membangun Kehidupan Beragama Masyarakat

Rabu 07-08-2024,08:52 WIB
Reporter : Abot
Editor : Jal

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Pasca dilantik pada Rabu 31 Juli yang lalu, Pejabat (PJ) Walikota Pangkalpinang, Budi Utama, S.STP., M.Si., bergerak cepat melaksanakan program-program yang menjadi agenda prioritas di masa kepemimpinannya melalui berbagai upaya, seperti menjalin sinergi lintas sektoral dengan stakeholder terkait, salah satunya Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang.

Selasa (06/08/2024), Budi pun menyempatkan diri untuk melakukan kunjungan silaturahmi ke Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang dan diterima dengan baik oleh Kepala Kantor, H. Firmantasi, S.Ag., M.H., beserta jajarannya.

"Pembangunan kehidupan beragama masyarakat merupakan salah satu hal penting yang masuk dalam prioritas penyelenggaraan pemerintahan," ungkap Budi.

BACA JUGA:Dilantik Pj Gubernur Safrizal, Budi Utama Pimpin Pangkalpinang Sebagai Penjabat Wali Kota

BACA JUGA:Sertijab Kakanwil Kemenag Babel Masmuni Mahatma, Siapkan Program Kerja Prioritas

Karena, lanjutnya, dengan kehidupan beragama yang baik, tentunya akan mewujudkan masyarakat yang taqwa dan memegang teguh prinsip-prinsip ajaran agamanya, sehingga dapat menjadi landasan dalam membangun sendi-sendi kehidupan masyarakat lainnya, seperti sosial, ekonomi dan budaya.

"Oleh karena itu, perlu adanya sinergi yang baik antara pemerintah daerah dengan Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat dalam hal membangun kehidupan beragama masyarakat," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Budi Utama bersama jajaran petinggi Kemenag Pangkalpinang sempat membahas beberapa hal terkait pelayanan sidang itsbat nikah, pencatatan peristiwa perkawinan dan penerbitan dokumen administrasi kependudukan secara terpadu yang menjadi program tahunan Pemerintah Kota Pangkalpinang bersama dengan Pengadilan Agama Pangkalpinang dan Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang.

"Kegiatan ini sangat penting dan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, terutama sekali bagi pasangan-pasangan yang telah lama menikah, namun belum memiliki dokumen pernikahan atau akta/ buku nikah sehingga memberikan perlindungan dan kepastian hukum terhadap pasangan suami istri juga anak-anak dari pasangan dimaksud," tuturnya.

BACA JUGA:Lusje Mundur, Kepala Dinsos PMD Jadi Pj Wali Kota Pangkalpinang

BACA JUGA:Kanwil Kemenag Gelar Evaluasi dan Tasyakuran Suksesnya Penyelenggaraan Ibadah Haji Babel Tahun 2024

Tak hanya itu, langkah-langkah strategis yang akan dilakukan dalam upaya memajukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pangkalpinang sebagai salah satu lembaga mitra Pemerintah Daerah dan Kemenag Kota Pangkalpinang sempat dibahas dalam kunjungan tersebut.

"Hal ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan kemandirian Baznas Pangkalpinang sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mengurangi angka kemiskinan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Pangkalpinang," jelasnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, H. Firmantasi pun berkomitmen untuk terus mendukung program-program Pemerintah Kota Pangkalpinang, terutama yang berkaitan dengan tugas dan fungsi lembaganya, dalam bidang keagamaan dan pendidikan.

"Kemenag Kota Pangkalpinang melalui seluruh elemen yang ada akan senantiasa hadir dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan beragama umat. Semoga sinergi yang telah terjalin baik dengan pemerintah daerah selama ini akan terus berjalan dan membuahkan hasil maksimal menuju terciptanya masyarakat Kota Pangkalpinang yang semakin beriman, bertaqwa, aman serta semakin kondusif," harapnya.

Kategori :