Pemancing Merapat! Desa Kepoh Punya Objek Wisata Mancing Udang Galah

Senin 29-07-2024,08:37 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Jal

BABELPOS.ID, TOBOALI - Desa Kepoh Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) kini menjadi sasaran wisatawan yang punya hobi memancing.

Hal ini terlihat saat Bupati Bangka Selatan (Basel) Riza Herdavid melepas secara resmi 62 peserta yang mengikuti lomba memancing udang galah.

Kades Kepoh Udayana pada kesempatan tersebut mengatakan, pada perlombaan ini semua perahu milik masyarakat terpakai, dengan biaya sewa sebesar Rp400.000.

"Allhamdulillah semua perahu masyarakat full habis disewa oleh para pemancing 62 peserta," sebutnya, Minggu (28/07).

BACA JUGA:Pemancing Udang Diterkam Buaya Sungai Bukit Layang, Teman Mendengar Rintihan Lalu Hilang

Lomba mancing udang galah ini sudah kedua kalinya digelar, yang tujuannya memberdayakan masyarakatdan pariwisata desa dan diharapkan berdampak kepada perekonomian masyarakat.

"Bayangkan saja, dari 62 peserta ini semuanya memakai perahu milik masyarakat dengan biaya sewa Rp400.000 yang total uangnya sekitar Rp24. 800.000 dan itu semua untuk masyarakat," ujarnya. 

Tak hanya itu, para peserta juga berbelanja yang tentunya akan berdampak pada pedagang UMKM sekitar.

"Insya Allah ke depan kegiatan ini akan kita laksanakan lagi, atau bila perlu kita jadikan agenda tahunan supaya masyarakat terhibur, serta desa Kepoh bisa terkenal melalui destinasi memancingnya udang galah," sebut Udayana.

BACA JUGA:Strike... Serunya Lomba Mancing Udang di Sungai Kayu Arang ala UBB

Sementara itu, Bupati Basel Riza Herdavid memuji Pemdes Kepoh luar biasa, mampu membuat kegiatan yang mendatangkan para peserta di luar Basel.

"Para peserta lomba ini bukan hanya dari lokal saja, tetapi dari Pangkalpinang dan Sungailiat juga turut hadir," ucapnya.

"Kami mengapresiasi kegiatan ini, tinggal bagaimana nanti sport mancingnya dijaga dengan baik, fasilitas yang disiapkan bagi pemancing juga harus baik sehingga pemancing akan rutin datang ke sini dan tentunya berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat," terangnya.

"Mereka sewa perahu, berbelanja di Desa Kepoh, ada transaksi ekonomi yang positif bagi masyarkat dan tentunya Basel memiliki destinasi wisata baru bagi para Angler's Mania," tambahnya. 

BACA JUGA:Yuk ke Wisata Alam Sungai Simpang Kota Waringin, Bisa Rekreasi Sambil Mancing Udang

Kategori :