Lutut Kamu Kaku Saat Bangun Tidur, Waspada Gejala Ini

Rabu 24-07-2024,12:00 WIB
Reporter : Septi
Editor : Jal

BABELPOS.ID - Seseorang yang merasakan lutut yang kaku saat bangun tidur harus mewaspadai tanda-tanda adanya pengapuran sendi, khususnya bagi kelompok usia 45-50 tahun. 

Menurut Dokter spesialis bedah ortopedi konsultan panggul dan lutut lulusan Universitas Padjajaran dr. Kiki Novito Sp.OT(K), usia di atas 45-50 tahun rawan terkena pengapuran sendi.

"Kalau bangun tidur nggak bisa langsung berdiri, pas mau gerak lututnya kaku gak bisa langsung ditekuk, dia butuh sekian menit pelan-pelan baru bisa jalan, jadi hati-hati,” kata Kiki dikutip dari Antara, Selasa (22/7).

BACA JUGA:Coba 3 Olahraga Ini Sebelum Tidur, Rasakan Manfaatnya

BACA JUGA:Tak Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Semangka Bagi Tubuh

Kiki mengatakan kakunya lutut dikarenakan telah terjadi peningkatan derajat pengapuran sendi yang dapat dinilai dari angka 0 sampai empat. Pada derajat 0, dapat dipastikan lutut dalam keadaan sehat, pada derajat 1-2 bisa terlihat dari kebiasaan saat bangun tidur yang tidak bisa langsung menekuk lutut.

Pada derajat selanjutnya rasa sakit dan kaku pada lutut akan berangsur menghilang, namun sendi akan terasa sakit jika melakukan jalan yang jauh. Dan pada tahapan derajat empat adalah yang paling berat, karena tulang paha dan tulang kering yang sudah bertemu dan tidak ada tulang rawan.

Untuk menghindari peningkatan derajat pengapuran sendi, Kiki menyarankan untuk melakukan banyak aktivitas yang memperkuat otot sendi dengan berolahraga jalan dan angkat beban agar cairan sendi dapat merata dan gerak lebih fleksibel.

BACA JUGA:Ini Risiko Pemanis Buatan Bagi Tubuh

BACA JUGA:Tips Memilih Parfum Untuk Siang atau Malam

“Caranya melakukan gerakan aktivitas yang memperkuat otot sendi, agar cairan sendi merata harus ada gerakan, olahraga 30 menit seminggu 3-4 kali, olahraganya bisa jalan, jogging, sepedaan, gym main beban,” katanya.

Presiden Indonesian Hip and Knee Society ini mengatakan gaya hidup dengan melakukan aktivitas olahraga yang menguatkan otot sendi bisa dilakukan sedari muda, karena memasuki usia 35 tahun massa otot sudah mulai berkurang.

Jika tidak melakukan latihan fisik dan olahraga akan terjadi pengapuran yang lebih berat karena massa otot juga berkurang.

Aktivitas fisik juga diperlukan untuk menjaga berat badan agar tidak membebani sendi, terlebih bagi yang mengalami pengapuran karena genetik atau keturunan.

“Karena tidak semua orang gemuk bisa pengapuran dan tidak semua pengapuran adalah orang gemuk, pasien kurus banyak karena lebih ke genetik, kalau mager massa otot berkurang membuat kekuatan fisiknya berkurang,” kata dokter yang praktik di RS Medistra Jakarta ini.

Kategori :