Bangunan Pasar Toboali Rampung, Ini Jumlah Kios dan Fasilitas di Dalamnya

Selasa 23-07-2024,17:03 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Jal

BABELPOS.ID, TOBOALI - Gedung Pasar Modern Toboali Kabupaten Bangka Selatan (Basel) yang merupakan hadiah langsung Presiden Joko Widodo pada kunjungan tahun 2022 lalu, kini telah selesai.

Diketahui, bahwa gedung pasar tersebut menjadi satu - satunya di Toboali bergaya modern dengan sederet fasilitas pendukung dan tentunya tanpa melupakan ornamen lokal.

Pelaksana lapangan Dhika Saputra saat ditemui di lokasi gedung, Selasa (23/07) menyebutkan, pasar ini terdiri tiga lantai. Nantinya para pedagang akan menempati lantai satu dan dua.

"Pasar ini berlantai tiga, masing - masing lantai satu dan dua terdiri dari 34 ruko dengan total 68 ruko, sedangkan di lantai 3 didesain untuk bersantai," sebutnya.

BACA JUGA:Pembangunan Pasar Toboali Capai 80 Persen, Pertengahan Juli Target Selesai

BACA JUGA:Progres Pembangunan Pasar 34 Miliar di Toboali Capai 40 Persen, Agustus Diupayakan Selesai

Selain bangunan ruko, ada sederet fasilitas turut menunjang pasar modern tersebut, seperti toilet, mushola, basement serta area parkir yang memadai.

Untuk fasilitas toilet ada 13 unit, yang dibagi 10 toilet umum laki - laki dan perempuan serta terdapat 3 toilet khusus difabel. Selain itu di setiap ruko juga terdapat alarm kebakaran atau fire alarm otomatis apabila terjadi kebakaran.

"Pembangunan gedung bukan hanya ruko pasar saja, tetapi beragam fasilitas juga turut mendukungnya sehingga pasar ini menjadi lebih menarik," sebutnya.

BACA JUGA:Jalan Berlobang di Depan Pasar Toboali, PUPR Basel Langsung Tambal

BACA JUGA:Besok Para Pedagang Pasar Toboali Sudah Bisa berjualan di Lokasi Relokasi

Disebutkannya, setiap ruko juga terdapat masing - masing KWH dengan sistem pulsa token. Pembelian token hanya bisa melalui pihak pengelola setelah nantinya dilakukan Provosional Hand Over (PHO).

Saat ini penyelesaian sudah 100 persen serta tepat waktu, hanya saja pihaknya masih melakukan berbagai pengecekan dari mulai jaringan pipa, pompa air, ataupun instalasinya.

"Kita belum melakukan PHO dengan pihak Pemkab, karena asih dalam masa garansi maupun perawatan, tetapi untuk pembangunan baik dalam maupun luar gedung sudah selesai 100 persen," tuturnya.

Kategori :