Pemkab Babar Dukung Pengembangan Budaya Suku Jerieng

Selasa 23-07-2024,09:57 WIB
Reporter : Husni
Editor : Govin

"Masyarakat Desa Pelangas telah menunjukkan keseriusan dalam melestarikan budaya yang ada di desanya, ini patut mendapatkan apresiasi dan perlu untuk terus dikembangkan agar tradisi ini tetap terjaga, kearifan lokal ini bisa diwariskan kepada anak cucu kita," katanya.

BACA JUGA:High Level Meeting Pengendalian Inflasi Juli, Wabup Basel Tekankan Langkah Ini

BACA JUGA:Ini Target Kabupaten Bangka di Popda Babel

Selain menggelar acara hiburan, warga Suku Jerieng juga melaksanakan tradisi Sedekah Gunung Pelangas di salah satu hutan berbukit yang ada di desa tersebut.

Tradisi ini sebagai bentuk syukur warga terhadap keselamatan dan keberkahan yang sudah diperoleh selama setahun terakhir dan permohonan agar setahun ke depan tetap diberikan berkah, kesehatan, dan perlindungan, dari Sang Pencipta.

BACA JUGA:Tak Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Semangka Bagi Tubuh

BACA JUGA:Coba 3 Olahraga Ini Sebelum Tidur, Rasakan Manfaatnya

Salah satu pengelola Desa Wisata Pelangas Rahman mengatakan Festival Budaya Suku Jerieng merupakan gabungan dari beberapa kegiatan kebudayaan yang ada di Desa Pelangas.

Dalam rangkaian kegiatan ini, pihak panitia juga memfasilitasi pelaksanaan tradisi warga menggelar prosesi Sedekah Gunung Pelangas dan menambahkan sejumlah acara pendukung untuk menarik wisatawan datang ke desa tersebut.

BACA JUGA:Murah, Dua Tablet Huawei Ini Cocok Mendukung Aktivitas Keluarga

BACA JUGA:Tak Hanya Mbappe, Ini Daftar Transfer 3 Raksasa La Liga Spanyol

"Desa ini kaya budaya, bahkan Sedekah Gunung Pelangas sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI pada 2021," katanya.

Untuk mengenalkan budaya tersebut, panitia bersama pemerintah desa setempat kemudian melakukan pengembangan kegiatan dengan melaksanakan sejumlah acara menjadi rangkaian kegiatan Festival Budaya Suku Jerieng.

BACA JUGA:Ingatkan Anggotanya Netral, Kapolres Babar: Jangan Sampai Ada yang Viral Mendukung Calon

BACA JUGA:Begini Upaya Pemkab Babar Bikin Transisi PAUD ke SD Menyenangkan

"Kegiatan Festival Budaya Suku Jerieng ini merupakan bentuk keseriusan kami dalam mengembangkan dan memanfaatkan warisan budaya Sedekah Gunung Pelangas agar semakin dikenal dan bisa menjadi daya tarik warga luar datang ke Desa Pelangas," katanya.

Kategori :