Prodi BISDIG UBB Bersama Pertamina Patra Niaga Gelar Pelatihan Transformasi Bisnis Berbasis Digital

Kamis 11-07-2024,09:53 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Govin

BABELPOS.ID, PANGKALANBARU - Program Studi Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Bangka Belitung (UBB) bersama Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel DPPU Depati Amir gelar kegiatan Pelatihan Transformasi Bisnis Berbasis Digital di Bukit Pao, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (8/7/2024).

Dalam gelar kegiatan tersebut diikuti oleh Porkdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Bukit Pao dengan memberikan pelatihan usaha berbasis digital terkait budidaya ikan lele dan aquaponik di sekitar lereng Bukit Pao.

BACA JUGA:Bekali FKPM Kasat Binmas Polres Bangka Barat Datangi Desa Sekar Biru

Ketua Program Studi Bisnis Digital UBB Karmawan, S.E, M.Sc menjelaskan mengenai strategi marketing yang perlu dilakukan dalam menjual hasil ekowisata Bukit Pao. Diketahui strategi yang dilakukan berupa sistem pemasaran dan promosi secara digital. 

"Produk yang baik kalau tidak bisa dijual akan terasa percuma, karena tidak akan mendapatkan income untuk kegiatan produksi selanjutnya," ujar Karmawan.

BACA JUGA:588 Calon Mahasiswa Baru UBB Lolos Jalur SMMPTN Konsorsium BKS PTN-Barat

Salah satu saran yang diberikan Karmawan adalah dengan membuat kegiatan atau event yang dapat memperbanyak orang berkunjung ketempat tersebut. 

Sementara itu Dosen Program Studi Bisnis Digital UBB Ryand Daddy Setyawan, M.B.A, turut menambahkan terkait manajemen operasi atau rantai pasok dalam pengelolaan usaha ekowisata.

"Promosi yang gencar dan masif perlu diimbangi dengan manajemen operasi yang baik pula, karena kalau sales meningkat tanpa diimbangi dengan produk yang baik, akan menimbulkan persepsi yang buruk di mata konsumen dan akan membuat produk tersebut digantikan oleh produk lain", ujar Ryand.

BACA JUGA:Ketum AWI Lantik AWI Babel, Beri 3 Resep Peningkatan Mutu Pendidikan yang Berkesinambungan

Daddy menyebut adanya pembelajaran dan edukasi dalam usaha ini dapat memberikan kesan tersendiri bagi konsumen yang memang membutuhkan kesempatan atau pengalaman untuk menyatu dengan alam.

"Semoga pihak Pertamina Patra Niaga dan Program Studi Digital Bisnis UBB dapat terus berkontribusi lebih banyak untuk keberlangsungan ekowisata ini. Seperti layaknya bisnis, lingkungan juga membutuhkan kepastian keberlanjutan yang panjang," pungkas Ryand. 

BACA JUGA:Kalahkan Belanda 2-1, Final Impian Inggris Vs Spanyol

Sementara itu, Pihak Pertamina Patra Niaga, Fahri menyambut baik kegiatan ini dan berharap materi yang diberikan dapat diaplikasikan oleh para peserta.

 "Kami dari pihak Pertamina Patra Niaga membersamai pihak Pokdarwis selama lima tahun kedepan, menyambut baik kegiatan ini dan berharap materi yang diberikan, dapat di aplikasikan oleh para peserta," ujar Fahri.(iam)

Kategori :