Tips Memilih Sunscreen yang Tepat

Rabu 10-07-2024,09:00 WIB
Reporter : Septi
Editor : Jal

BABELPOS.ID - Arti SPF pada sebuah sunscreen sangat penting karena menunjukkan durasi perlindungan terhadap sinar matahari sebuah produk.

Sunscreen (tabir surya) adalah salah satu produk perawatan kulit yang penting untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar ultraviolet (UV). Saat memilih sunscreen, Anda pasti sering melihat angka SPF pada kemasan produk.

Sun Protection Factor atau SPF adalah ukuran yang digunakan untuk menunjukkan seberapa efektif sunscreen melindungi kulit dari radiasi sinar matahari, yang merupakan penyebab utama kulit terbakar dan berkontribusi terhadap kanker kulit.

Arti SPF ialah mengukur berapa lama kulit bisa terkena sinar matahari tanpa terbakar dibandingkan jika tidak menggunakan perlindungan.

Misalnya, jika kulit kita biasanya mulai terbakar setelah 10 menit di bawah sinar matahari, penggunaan sunscreen dengan SPF 30 akan memberikan 30 kali lebih lama waktu perlindungan, yaitu sekitar 300 menit, sebelum kulit mulai terbakar.

BACA JUGA:6 Makanan yang Bagus untuk Penderita Asam Lambung

BACA JUGA:Ketahui 4 Cara Sembuhkan Insomnia

Cara memilih SPF yang tepat

Memilih SPF bisa bergantung kepada berbagai faktor, termasuk jenis kulit, durasi paparan sinar matahari, dan aktivitas yang dilakukan. 

Berikut adalah beberapa cara umum untuk menentukan SPF yang sesuai:

1. Aktivitas harian

Untuk aktivitas sehari-hari seperti pergi ke kantor atau berbelanja, sunscreen dengan SPF 15 hingga 30 biasanya sudah cukup untuk memberikan perlindungan yang mencukupi.

2. Aktivitas luar ruangan

Jika Anda berencana untuk menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, seperti berolahraga, berenang, atau berkebun, pilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk perlindungan tambahan.

3. Kulit sensitif atau cerah

Kategori :