Parah, 2 Bulan Tanpa Timah, Eskport Babel Terpuruk Jauh

Jumat 01-03-2024,18:55 WIB
Reporter : Julian
Editor : Syahril Sahidir

BABELPOS.ID, PANGKAPINANG - Angka ekspor Bangka Belitung (Babel) Januari 2024 mungkin terparah sepanjang sejarah. Anjlok, jika dibandingkan bulan sebelumnya dan Januari di tahun 2023.

Dalam rilis berita resmi statistik yang disiarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Babel, Jumat (1/3), mencatat nilai ekspor Babel pada Januari 2024 sebesar US$29,79 juta, turun 82,55 persen dibandingkan Desember 2023.

Jika dibandingkan Januari 2023, nilai ekspor ini turun sebesar 52,20 persen. Hal ini disebabkan, tak ada peran ekspor timah. Seiring dengan adanya masalah internal di Babel terkait pertimahan.

Ekspor Babel hanya mengirim komoditas non timah yang didominasi oleh lemak dan minyak hewan/nabati (HS 15), nilainya sebesar US$22,48 juta atau 75,46 persen.

BACA JUGA:BPJ Bilang, Soal Perpanjangan Izin Eksport Timah, Clear!

Sementara nilai impor Babel Januari 2024 sebesar US$0,30 juta. Nilai ini turun hingga 75,95 persen dibanding Desember 2023. Pada Januari 2024 tidak terdapat aktivitas impor migas.

Impor nonmigas pada 2024 didominasi oleh Mesin/Peralatan Listrik sebesar US$299,34 ribu. Pada Januari 2024, negara asal impor hanya berasal dari Malaysia dan Tiongkok.

Kepala BPS Babel Toto Haryanto Silitonga menilai, dari situasi saat ini, penguatan sektor lain pentinya digerakan. Mengingat Babel mempunyai potensi yang dapat dikembangkan yakni pertanian, perkebunan dan perikanan.

"Hal itu dinilai pas dengan karakteristik Babel sebagai daerah kepulauan. Potensi laut kita tinggi. Perkebunan dan pertanian bagaimana yang kita lihat nilai tukar petani selalu meroket, perikanan kita lihat ikan tangkap kita mulai meningkat lagi," ucapnya.

Terpisah, Bea Cukai Pangkalpinang membenarkan nilai ekspor Babel pada komoditas timah nol persen pada periode Januari dan Februari 2024. Kosongnya ekspor timah karena nilai rendah dan ada permasalahan timah di Babel. 

BACA JUGA: Di Babel, Tamu Hotel Naik 15,46 %, Ekonomi Dipicu Jasa Keuangan, Tapi Eksport Timah Turun Tajam

Namun, Kasubsi Pabean Bea Cukai Pangkalpinang Aditya Diraja mengatakan, ekspor timah diprediksikan kembali dilakukan pada Maret ini.  "Bahan baku sudah mulai masuk, sudah impor. Mungkin masih menunggu beberapa saat, produksi sudah jalan, cuma ekspor yang belum," kata Aditya.

Ia menambahkan, selama tidak ada ekspor timah pada periode Januari dan Februari ini lalu, lemak dan minyak atau Crude Palm Oil (CPO) menjadi dominasi ekspor Babel.

"Jadi kemarin nilai ekspor kita nilainya 22,09 juta US Dollar, di Pangkalpinang sendiri ekspor utama kita ikan sama lada Muntok White Papper," imbuhnya.***

 

Kategori :