DKP Babel Kenalkan Biota Laut yang Dilindungi kepada Siswa SDIT Albina Pangkalpinang

Selasa 23-01-2024,19:58 WIB
Reporter : Agus Putra
Editor : Govin

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG -  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Bidang Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) berbagi pengetahuan kepada Siswa SDIT Albina, Selasa (23/01/2024) di Kantor PSDKP Babel yang berlokasi di area Pelabuhan Perikanan Pantai Muara Sungai Baturusa Pangkalbalam. 

Dalam pertemuan ini, Tim PSDKP DKP Babel membekali pengetahuan dasar mengenai biota laut yang dilindungi kepada Siswa SDIT ALBINA. 

BACA JUGA:Sambut Hari Bhakti Imigrasi ke-74, Imigrasi Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Babel Gelar Donor Darah

Kepala Bidang Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Subeki mengatakan, dirinya bersama tim PSDKP senang dapat berbagi pengetahuan dan wawasan terkait bidang kelautan dan perikanan kepada para pelajar. 

BACA JUGA:Nilai Transaksi QRIS 2023 di Bangka Belitung Tembus Rp462 Miliar

“Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami DKP Babel bisa ikut andil berpartisipasi berbagi ilmu dalam masa-masa bahagia belajar bagi siswa SDIT Albina memberikan wawasan dalam hal ini mengenai  biota laut yang dilindungi, harapannya proses belajar yang menyenangkan ini dapat menjadi kenangan berharga nanti buat anak-anak suatu saat mereka  pernah berkunjung kesini dan diberikan pemahaman apa saja hewan laut yang dilindungi, bagaimana memakai Life jacket  yang benar dan sebagainya,” terang Subeki. 

BACA JUGA:Penertiban Tambang Ilegal di Sukadamai, 50 TI Selam Dipinggirkan

Sementara itu, Kepala Sekolah SDIT Albina, Gufron menyampaikan apresiasinya kepada DKP Babel yang telah memberikan wawasan pengetahuan kepada siswa SDIT Albina. Ia berharap para siswa akan lebih terbuka wawasannya dan lebih termotivasi untuk mencintai lingkungan sekitar. 

BACA JUGA:Dibangun Rp 19 Milyar, Gedung Rawat Inap RSUD Basel Sudah Banyak Retakan

Selain materi tentang jenis-jenis hewan laut yang dilindungi, Tim PSDKP Babel juga memberikan tips keamanan dan keselamatan di atas kapal dan juga memberikan tips mematikan api menggunakan alat pemadam api ringan (apar) bila terjadi kebakaran di atas kapal kepada 100 siswa SD IT Albina Pangkalpinang.   

Diakhir sesi, beberapa perwakilan siswa juga diajak berlayar di sekitar  Jembatan Emas dengan menggunakan Kapal Pengawas Elang Laut dan Kapal Piranha.  

BACA JUGA:Hadiri WEF 2024, Dirut BRI Bicara Artificial Intelligence, Tingkatkan Produktivitas Hingga Penguatan Regulasi

Siswa Kelas 6 SDIT Albina, Afik menyatakan antusiasmenya saat ikut berlayar menggunakan kapal pengawas Piranha. Afik yang bercita-cita menjadi arsitek ini bahkan sudah fasih menyebutkan jenis-jenis ikan yang dilindungi. 

BACA JUGA:Bambang Patijaya Kedepankan Diklat dan Pengembangan Diri, Buktinya Pelatihan Desain Grafis

“Ikan Napoleon, Ikan Paus dan Penyu termasuk ikan yang dilindungi, terus kalau ada yang  terjatuh di laut jangan panik,” ungkap Afik semangat saat ditanya pengetahuan apa yang didapatnya dari kegiatan ini.(pas)

Kategori :