Dinilai Berprestasi, Desa Namang Jadi Lokasi Visitasi Pelatihan P3PD Inspektorat Jendral Kemendagri

Jumat 07-07-2023,13:57 WIB
Reporter : Sindi/Yandi
Editor : Admin

BABELPOS.ID, NAMANG - Daya pikat Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali menarik pihak luar untuk berkunjung.

Kali ini, Inspektorat Jendral Kementrian Dalam Negeri melalui Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) yang menggelar pelatihan Pengawasan Keuangan Desa Bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) wilayah Provinsi Jambi dan Provinsi Bangka Belitung.

Kegiatan visitasi desa tersebut digelar di Kawasan Wisata Hutan Pelawan Desa Namang, pada Jumat (7/7/2023).

Lebih lanjut, kegiatan visitasi ini merupakan agenda terakhir dari rangkaian kegiatan pelatihan yang sudah dilaksanakan sejak 3 Juli 2023 di Fox Harris Hotel, Pangkalpinang dan diikuti oleh 120 peserta dari seluruh APIP dan auditor se-Kabupaten/Kota dan Provinsi yang berasal dari Jambi dan Bangka Belitung.

Sub Koordinator Perencanaan Inspektorat Jendral Kemendagri, M. Rivai Seknun menilai bahwa Desa Namang layak dipilih menjadi lokasi untuk kegiatan visitasi.

"Kita sudah melakukan riset, dan kita pilih Desa Namang untuk dikunjungi, karena memiliki prestasi yang cukup baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional," tuturnya.

Rivai mengaku cukup terkesan dengan potensi lokal dan karakteristik yang dimiliki oleh Desa Namang.

"Desa ini unik, karena ada konsep ekologi, tata kelola desanya dilakukan dengan pendekatan lingkungan, jadi ada aspek pariwisata yang jalan beriringan dengan aspek ekologi dan jarang ada desa yang seperti ini, jadi menurut saya wajar kalau Namang ini memiliki prestasi sampai ke tingkat nasional," ujarnya.

Para pelaku UMKM di Desa Namang turut meramaikan kunjungan ini dengan menampilkan berbagai produk lokal rumahan seperti madu pelawan, teh pelawan, beras merah, dan lainnya untuk dipromosikan kepada para peserta pelatihan yang melakukan kegiatan visitasi.

Camat Namang, Machyudi Saputra mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya yang berada di Desa Namang untuk dapat mengambil peluang dari potensi lokal yang ada, agar dapat dikenal lebih luas.

"Desa Namang ini memiliki potensi yang besar, karena sudah memiliki prestasi dan mulai banyak mendapatkan kunjungan dari luar daerah bahkan dari luar negeri," tuturnya.

"Saya harap masyarakat dapat mengambil kesempatan ini melalui hasil UMKM sebagai peluang untuk pembangunan ekonomi masyarakat," sambung Machyudi.

Sementara itu, Kepala Desa Namang, Zaiwan menuturkan kunjungan dan diskusi yang dilakukan bersama peserta pelatihan P3PD ini diharpkan dapat meningkatkan kualitas terkait pengelolaan keuangan desa.

"Kami berterimakasih kepada Inspektorat Jendral Kemendagri dan rekan-rekan pelatihan dari auditor semua yang sudah berkunjung ke desa kami," ujar Zaiwan.

"Tentunya harapan kami dengan diskusi tadi bersama mereka dapat memperbaiki dan memberikan kami pengetahuan lebih terkait bagaimana pengelolaan keuangan di desa menjadi semakin baik," tambahya.

Kategori :